Dinas Peternakan Probolinggo Temukan Hewan Kurban Cacat

Zulkiflie

Reporter

Zulkiflie

Rabu, 7 Agustus 2019 - 17:47

JATIMNET.COM, Probolinggo – Mendekati Hari Raya Iduladha 1440 Hijriah, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kabupaten Probolinggo melakukan pengawasan dan pendataan terhadap ternak kurban.

Salah satunya pengawasan dilakukan di lapak penjualan kambing dan domba kurban, berlokasi di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Patokan. Petugas langsung memeriksa satu persatu kondisi kesehatan hewan kurban, mulai dari mulut, gigi, dan bagian matanya.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Masyarakat Veteriner Pengolahan dan Pemasaran, Yukti Widiatmaningsih mengatakan, pengawasan hewan kurban bertujuan memastikan kondisinya sehat sebelum disembelih. Selain itu, petugas hendak memastikan juga apakah hewan kurban yang dijual, apakah sudah cukup umur serta kondisinya normal atau tidak cacat.

BACA JUGA: Pedagang Sebut Kesehatan Kambing Bisa Dilihat dari Keberadaan Luka

Disebutkan Yukti, dari pengawasan petugas yang dilakukan di beberapa titik, ditemukan seekor hewan kurban yang cacat fisik, dimana kondisi kakinya bengkok. Mendapati itu, Yukti meminta agar hewan kurban tersebut agar tidak dijual untuk kebutuhan kurban.

“Pengawasan dilakukan, agar ternak yang dijual benar-benar layak untuk kurban. Baik cukup umur atau giginya sudah poel, itu juga menjadi perhatian kami,” terang Yukti, Rabu 7 Agustus 2019.

Sementara penjual hewan kurban, Muadz Banawir mengungkapkan, sepekan momen Iduladha penjualan hewan kurban mengalami kenaikan. Tak hanya laris diburu pembeli, harga hewan kurban pun juga ikutan naik.

CEK KONDISI: Petugas memeriksa satu persatu kondisi kesehatan hewan kurban, mulai dari mulut, gigi, dan bagian matanya. Foto: Zulkiflie.

Muadz mengatakan, untuk harga kambing saat ini di kisaran Rp 3 juta hingga Rp 4 juta per ekor tergantung ukuran. Sementara domba, di kisaran Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per ekor. Harga tersebut terpantau naik sekitar Rp 300 ribu– Rp 500 ribu, dari harga normalnya.

“Mendekati hari raya kurban, penjualan meningkat. Biasanya sehari hanya terjual satu sampai dua ekor. Namun sekarang bisa lima sampai 10 ekor sehari. Harganya pun juga ikutan naik dari hari biasanya,” terang Muadz.

Diprediksi penjualan hewan kurban akan terus meningkat, seiring momen Hari Raya Iduladha yang sudah kurang sepekan lagi.

Baca Juga

loading...