Dalang Ini Bikin Pertunjukan Wayang Kulit dengan Bahasa Polandia

Hari Istiawan

Sabtu, 1 Juni 2019 - 22:30

JATIMNET.COM, London – Pertunjukan wayang kulit dengan menggunakan Bahasa Jawa sudah umum kita dengar. Namun, salah satu dalang wayang kulit asal Polandia menggelar pertunjukan dengan menggunakan bahasa tempatnya berasal.

Nama dalangnya Mariana Lis yang memang berasal dari Polandia. Ia menggelar pertunjukan wayang kulit dalam Festival Internasional Warsawa yang berlangsung di Ibu Kota Polandia, Warsawa, pada 1-2 Juni 2019.

Pertunjukan ini pun menjadi daya tarik bagi pengunjung festival internasional yang pertama kali diadakan di Taman Kota Agrykola Park untuk menyambut musim panas dan sekaligus mempromosikan multikulturalisme di Ibu Kota Warsawa.

BACA JUGA: Pementasan Wayang Kulit Pukau Masyarakat Inggris

“Mariana Lis, sang dalang, adalah alumni Program Darmasiswa Indonesia,” kata Dubes Indonesia untuk Polandia, Siti Nugraha Mauludiah, Sabtu 1 Juni 2019.

Ia tampak lincah dan lancar memainkan wayang yang kisahnya disesuaikan dengan penonton lokal. Pertunjukan ini juga diiringi gamelan yang juga dimainkan secara langsung oleh beberapa alumni Darmasiswa, antara lain Mariana Lis, Tomasz Matlingiewicz, Dennissee Peralta, dan Dawid Martin serta beberapa pelajar Indonesia anggota Persatuan Pelajar Indonesia Polandia.

Menurut Dubes, selain Paviliun Indonesia juga terdapat paviliun internasional lainnya yang ikut memeriahkan festival itu antara lain dari Vietnam, Thailand, India, Tunisia, Yunani, Italia, dan Turki.

BACA JUGA: Lukisan Wayang Seniman Ponorogo ini Laku Seratus Juta Rupiah

Paviliun Indonesia selain menampilkan wayang juga permainan musik gamelan, kerajinan tangan, kuliner khas Indonesia seperti oseng tahu, martabak telur, rendang, dadar gulung, perkedel, bolen pisang, dan risoles serta menyediakan brosur-brosur pariwisata.

Siti menilai alumni Program Darmasiswa dan PPI adalah aset bangsa yang berkontribusi besar dalam kegiatan promosi Indonesia di luar negeri. "Saat ini terdapat sekitar 400 alumni darmasiswa di seluruh Polandia", katanya.(ant)

Baca Juga

loading...