Transaksi dilakukan pasca kecelakaan fatal Boeing.

Cina Pesan 300 Pesawat dari Airbus

Dyah Ayu Pitaloka

Selasa, 26 Maret 2019 - 11:36

JATIMNET.COM, Surabaya – Cina memesan 300 pesawat tipe A320 dan A350 XWB dari Airbus, dengan nilai USD 34 miliar. Perjanjian itu dibuat dalam kunjungan Xi Jinping di Paris, sebagai bagian dari lawatannya, ke benua Eropa.

Transaksi ini muncul pasca dua kecelakaan fatal, yang dialami Boeng 737 Max.

Pesanan terdiri dari, tipe A320 sebanyak 290 pesawat, dan tipe A350 XWB sebanyak 10 buah, menurut pernyataan bersama yang dibuat Airbus dan perusahaan perwakilan maskapai Cina, dilansir dari Bbc world, Selasa 26 Maret 2019.

“Kami merasa mendapatkan penghargaan, untuk mendukung perkembangan penerbangan sipil di Cina, menggunakan produk terbaik dari kami-badan yang lapang dan satu lorong,” kata Presiden Komersial Airbus, Guillaume Faury, di sebuah pernyataan.

BACA JUGA: Bandara Banyuwangi Mulai Didarati Pesawat Airbus Komersial

Faury dijadwalkan menjadi Pemimpin Eksekutif Airbus, April nanti.

“Jejak kami yang meluas di Cina, menunjukkan kepercayaan kami pada pasar Cina dan komitmen panjang kami terhadap Cina, dan mitra kami lainnya,” katanya.

Perjanjian ini seolah menjadi terpaan bagi Boeng, yang sedang dalam tekanan, akibat dua kecelakaan beruntun dalam lima bulan, melibatkan 737 Max 8.

Cina mengawali tur Eropa dengan bertandang ke Italia pekan lalu, dalam rangka pengembangan jalur maritim, “Inisiatif Sabuk Global dan Peta Jalan”.   

Baca Juga

loading...