Bromo Berasap Petugas Probolinggo Bagikan 500 Masker

Zulkiflie
Zulkiflie

Jumat, 15 Maret 2019 - 13:12

JATIMNET.COM,  Probolinggo – Petugas gabungan memberikan imbauan serta membagikan masker pada pelaku jasa wisata serta pengunjung di kawasan Gunung Bromo akibat asap dan abu vulkanik yang masih keluar dari kawah Bromo, Jumat 15 Maret 2019.

Petugas gabungan yang terdiri dari Kepolisian, TNI dan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger) mengimbau agar tetap berada di jarak aman 1 kilometer dari bibir kawah.

Mereka menyasar pelaku jasa wisata seperti ojek kuda, motor dan jeep, pedagang kaki lima, wisatawan dan masyarakat setempat.

"Saya minta masyarakat, wisatawan dan lainnya agar tidak mendekat ke bibir kawah atau puncak Gunung Bromo. Dengan itu mereka bisa aman, dan terjaga keselamatannya,"kata Kapolresta Probolinggo, AKBP Eddwi Kurniyanto.

BACA JUGA: Kakek Curi Emas di Probolinggo untuk Beli Obat

Dalam kesempatan itu petugas membagikan sekitar 500 masker kepada para pelaku jasa wisata, wisatawan dan masyarakat yang berada di areal kaldera Gunung Bromo.

Tujuannya menjaga agar pernafasan tidak terpapar abu vulkanis dan menghalau bau belerang yang membahayakan kesehatan.

Sebagai informasi, berdasarkan data PVMB, periode pengamatan Kamis 14/03/2019 pukul 23.59 WIB. Gunung Bromo dengan ketinggian 2329 Mdpl, secara visual cuaca cerah dan hujan.

Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara dan tenggara. Suhu udara 10-21 C, Gunung Api terlihat jelas hingga tertutup kabut 0-III.

BACA JUGA: Paparan Abu Vulkanis Bromo Capai Radius 12 Kilometer

Teramati asap kawah utama berwarna putih hingga cokelat, dengan intensitas tipis hingga tebal tinggi sekitar 700 meter dari puncak.

Baca Juga

loading...