Antisipasi Caleg Stres, RSJ Menur Siapkan 40 Kamar VIP

M. Khaesar Januar Utomo

Rabu, 17 April 2019 - 21:28

JATIMNET.COM, Surabaya - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur telah menyiapkan 41 ruangan VIP untuk mengantisipasi adanya calon legislatif (Caleg) yang gagal dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sehingga terganggu kesehatan jiwanya.

Wakil Direktur RSJ Menur, dr Ika Indiah Prasetyawati mengatakan, RSJ Menur sudah mempersiapkan beberapa kamar tambahan untuk antisipasi pasca Pemilu 2019.

Persiapan ini dilakukan mengingat setiap pasca pemilu selalu ada calon Legislatif yang menjalani perawatan di RSJ Menur. "Ada penambahan beberapa fasilitas seperti 40 kamar VIP," ujarnya, Rabu 17 April 2019.

BACA JUGA: Politik Uang untuk Menang

Ika mengatakan, pada 2014 lalu RSJ Menur menerima 10 pasien baru pasca Pemilu. Pasien baru itu terdiri dari caleg yang gagal mendapatkan kursi di lembaga legislatif. "Saat itu yang masuk dalam kategori sedang jadi masih bisa rawat jalan," jelasnya.

Di tahun 2019 ini, RSJ Menur sudah mengantisipasinya dengan mempersiapkan beberapa ruangan bagi caleg terganggu jiwanya setelah gagal dan harus menjalani rawat inap. "Ada beberapa ruangan, dan sudah ada penambahan kasur di setiap ruangan rawat inap di RSJ Menur," ucap Ika.

BACA JUGA: Memilih Caleg yang Bisa Didamprat

Selain kelas VIP, juga disiapkan beberapa ruangan untuk kelas 1,2, dan 3. Sementara itu, untuk perlakuan yang akan diterapkan RSJ Menur ini akan disamakan dengan pasien gangguan jiwa lainnya.

Tidak ada perbedaan penanganan khusus namun hanya di golongkan berdasarkan tingkat gelisah atau sedang. "Semua tergantung dari diagnosanya pasien bukan dari statusnya," kata Ika.

Baca Juga

loading...