JATIMNET.COM, Surabaya – Meski banyak pengamat menilai coattail effect (efek ekor jas) Pilpres 2019 hanya berdampak pada perolehan suara PDI Perjuangan dan Gerindra, Golkar optimistis menangguk berkah dari Capres yang didukungnya.

Wakil Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Golkar Akbar Tanjung mengatakan salah satu strateginya, dengan mewajibkan calon legislatornya memasang foto calon presiden Joko Widodo di baliho dan spanduknya.

“Saya sampaikan semua kader Golkar untuk memasang foto Jokowi di baliho,” katanya di Kantor DPD Golkar Jatim, Kamis 7 Maret 2019.

BACA JUGA: Golkar Optimistis Suara Jokowi Terangkat di Madura

Cara itu diharapkan mampu mendongkrak elektabilitas Caleg Golkar dan perolehan suara partai. Akbar meyakini pemasangan foto Jokowi di alat peraga kampanye itu, bisa mendorong pemilih menjatuhkan pilihan pada Caleg Golkar.

“Saya harap memang begitu, bisa membawa dampak pada suara Golkar,” katanya.

Di DPRD Jawa Timur, Partai Golkar menguasai 20 kursi. Dan, dari 11 daerah pemilihan di provinsi ini, Golkar bisa menyumbang 16 kursi di DPR RI.

BACA JUGA: Golkar Jatim Optimistis Penuhi Target Kampanye 17 Kursi

Akbar percaya diri, perolehan kursi pada 2014 itu akan bertambah pada Pemilu 2019 nanti. Indikasinya, menurut dia, prediksi perolehan suara Jokowi di sejumlah daerah yang positif.

“Tanda-tanda ke arah kemenangan Pak Jokowi sudah semakin terlihat. Di Jawa Timur sudah mendekati di atas 60 persen. Jawa Tengah sudah sekitar 70 persen," katanya.

Menurut dia, meski perolehan suara Jokowi di Jatim dan Jateng diperkirakan cukup besar, tim kampanye harus bekerja lebih keras untuk pemenangan di Jawa Barat.

"Kami harus optimalkan untuk antisipasi kemungkinan di daerah lain turun jumlah pemenangannya," katanya.