Tip Tetap Sehat untuk Ibu Menyusui Meski Berpuasa

Anang Zakaria

Sabtu, 11 Mei 2019 - 21:52

JATIMNET.COM, Surabaya – Bolehkah seorang ibu yang sedang dalam masa menyusui bayi berpuasa? Kalau boleh, seberapa amankah itu dilakukan?

Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Nia Umar mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika seorang ibu menyusui memilih berpuasa. Salah satunya, usia bayi.

“Kalau bayi di atas enam bulan sudah mulai makan makanan pendamping air susu ibu, (jadi) ibu boleh saja berpuasa. Namun, tetap harus memerhatikan kondisi diri dan bayinya," katanya di Jakarta, Sabtu 11 Mei 2019.

Tapi, ia melanjutkan, jika seorang ibu khawatir produksi ASI-nya berkurang lantaran berpuasa, ia bisa menyelingi puasanya. Sehari puasa, sehari tidak.

BACA JUGA: Tips Agar Ibu Hamil Tetap Lancar Berpuasa Ramadan

Yang penting, menurut dia, ibu menyusui harus tetap mengonsumsi makanan bergizi dan memperbanyak asupan cairan selama berpuasa.

“Ibu menyusui harus tetap fit meski berpuasa. Hindari makanan dan minuman manis. Lebih baik memperbanyak cairan seperti air kelapa,” katanya.

Ia mengatakan ibu juga harus melihat tanda-tanda yang ditunjukkan oleh bayinya. Beberapa bayi cukup sensitif sehingga rewel bila ibunya yang sedang menyusui berpuasa.

“Kenali kondisi diri dan bayi. Jangan berpikir ibu menyusui lain bisa berpuasa, kita juga harus bisa. Kondisi setiap ibu dan bayi berbeda-beda,” katanya.

BACA JUGA: Perubahan Iklim Bisa Berdampak pada Jantung Bayi

Yang tak kalah penting, menurut dia, jangan menjadikan menyusui sebagai kompetisi dengan ibu menyusui yang lain. Hanya karena melihat ibu menyusui lain bisa berpuasa, lalu memaksakan diri untuk berpuasa tanpa mempertimbangkan kondisi diri dan bayi.

“Ingat, menyusui anak itu adalah ibadah,” ujarnya.(ant)

Baca Juga

loading...