Tengah Malam Merasa Lapar, Coba Lima Warung Ini

Nani Mashita

Reporter

Nani Mashita

Rabu, 3 April 2019 - 17:17

JATIMNET.COM, Surabaya - Malam semakin larut dan perut anda terasa keroncongan. Sementara tidak ada stok makanan di kulkas yang bisa diolah, maka kelaparan di tengah malam adalah siksaan.

Beruntungnya tinggal di Kota Surabaya. Kota metropolitan ini tidak pernah berhenti berdetak, begitu pula wisata kulinernya.

Sejumlah pedagang membuka lapaknya hingga tengah malam bahkan dini hari. Menunya juga beragam, mulai bubur ayam, seafood hingga sambelan. Tak cuma efektif mengisi perut keroncongan di tengah malam, wisata kuliner di tengah malam juga jadi pengalaman yang berbeda.

Berikut tempat wiskul tengah malam yang bisa jadi jujukan kala lapar melanda.

1. Sego Sambel Mak Yeye

Namanya sudah melegenda dan jadi salah satu kuliner khas tengah malam Surabaya. Warung yang buka sejak 1982 ini buka mulai jam 10-an malam. Lokasinya ada di salah satu sudut gang sebelah Darmo Trade Center (DTC) Surabaya.

Bagi manusia nokturnal, sepiring nasi sambelan Mak Yeye ini bisa jadi pilihan. Pilihan lauknya adalah ikan pari panggang (iwak pe), telur dadar dan tempe goreng.

Untuk bisa menikmati seporsi nasi sambel ini harus rela antri berlama-lama. Selain itu, tidak ada kursi mewah untuk bisa makan di sini. Tapi makan bersama seseorang yang berharga menjadikan makan tengah malam di Mak Yeye jadi lebih nikmat.

2. Bubur Ayam Mang Dudung

Ternyata makan bubur ayam tidak harus untuk sarapan. Makan tengah malam pun memungkinkan. Setidaknya ini yang ditawarkan oleh Bubur Ayam Mang Dudung yang berada di Jalan Kedungdoro, yang buka mulai jam 12 malam.

Semangkuk bubur legendaris ini hanya bisa dinikmati setelah berlama-lama antre. Pembelinya dari berbagai wilayah yang tergiur dengan kelezatan bubur ayam dipadu dengan jeroan dan telur.

Meski punya banyak pembeli, Bubur Ayam Mang Dudung tetap dijual dengan sederhana. Tidak ada kursi nyaman untuk menikmati seporsi bubur ayam lezat ini.

3. Pecel Ambulan Bu Hana

BACA JUGA: Nasi Krawu, Kuliner Khas Gresik yang Naik Kelas

Mendengar namanya sekelebat, lokasi wisata kuliner ini mungkin terdengar horor. Selidik punya selidik, warung nasi pecel ini  dibubuhi nama ambulan karena terdapat sirene ambulan di bagian depan gerobaknya.

Tak seperti penjual nasi pecel yang buka pagi hari, Pecel Ambulan Bu Hana buka mulai pukul 10-an malam di kawasan Jalan Kranggan depan Pasar Blauran. Pecel Ambulan Bu Hana bisa dinikmati dengan lauk bervariasi mulai dari oseng-oseng usus, telur bali, dadar jagung, ayam goreng dan lain-lain.

4. Nasi Bali Pengampon

Meskipun namanya mengusung nama ‘Bali’ di dalamnya, ini adalah kuliner berupa nasi putih yang diberi lauk pauk bumbu bali. Meskipun menawarkan menu sederhana, tetap saja ramai dikunjungi.

Pilihan lauknya juga banyak, ada telur rebus, tahu, tempe, daging yang dimasak dengan bumbu merah dengan citarasa yang begitu khas.

BACA JUGA: Ayam Goreng "Lombok Idjo" Menginvasi Pasar Kuliner Surabaya

Uniknya, kemasan dari nasi bali pengampon adalah kertas minyak dibentuk pincuk. Lokasinya di sebuah gang di Jalan Kalianyar Kulon Gang 2. Penjualnya melayani pembeli dengan lesehan di sebuah dapur rumah. Sederhana banget kan...Tapi pembelinya harus rela antre di warung yang buka mulai jam 9-an malam ini.

5. Nasi Cumi Pasar Atom

Lapar tengah malam dan kepengen seafood? Segera cuzz ke Nasi Cumi Waspada yang berada di kawasan Pasar Atom. Ada tiga menu pilihan yaitu campur, biasa dan komplit. Semua menu ini menyajikan menu andalannya yaitu cumi tinta yang empuk dan gurih.

Nasi cumi komplit berisi cumi tinta, mie goreng, babat, paru, usus, tahu, sebutir telur dan juga gorengan peyek udang dalam satu piring. Enaknya...

Tiap malam, kedai pinggir jalan ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Tak cuma enak rasanya, tapi warung ini sudah melegenda dan konon kabarnya sudah berusia lebih dari satu abad. Warung ini sekarang dikelola oleh generasasi keempat.

Selain mengandalkan menu nasi cumi, pengelola warung juga menyediakan menu lain. Seperti rawon, nasi tongkol dan jeroan.

Jadi..mau makan (tengah) malam dimana hari ini?

Baca Juga

loading...