Surat Suara Kurang, Distribusi Logistik Pemilu Kepulauan Sumenep Molor

Mustofa
Mustofa

Rabu, 27 Maret 2019 - 13:48

JATIMNET.COM, Sumenep - Pengiriman seluruh logistik pemilihan umum di Kepulauan Sumenep diragukan bakal rampung 15 hari sebelum pencoblosan sesuai dengan target awal. Karena, masih ada kekurangan sebanyak 78.035 lembar surat suara.     

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Abdul Waris mengatakan telah menyampaikan kekurangan surat suara itu ke KPU Jatim dan KPU Pusat. Namun hingga kini belum ada kepastian kapan kekurangan itu akan ditambah.

"Jadi, distribusi logistik pemilu ke kepulauan kemungkinan besar molor dari rencana awal," kata Waris, Rabu 27 Maret 2019.

BACA JUGA: Angin Kencang Rusak Puluhan Rumah di Sumenep

Waris merinci bila dibagi dengan jumlah daerah pemilihan, rata-rata kekurangan surat suara kurang lebih 2000 lembar. Menurut dia, kekurangan itu merupakan akumulasi dari surat suara yang belum dikirim dan surat suara rusak setelah disortir.

"Pengiriman logistik dari perusahaan pemenang tender memang kurang, tidak sesuai jumlah pemilih," ujarnya.

Waris berharap kekurangan itu segera ditambah, agar pengiriman logistik ke wilayah kepulauan tetap bisa dilakukan lebih awal untuk menghindari cuaca buruk yang datangnya sulit diprediksi.

BACA JUGA: Logistik Pemilu 2019 Kota Surabaya Siap 90 Persen

Adapun jumlah DPT Sumenep untuk Pemilu 2019 sebanyak 872.764 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 410.522 laki-laki dan 462.242 perempuan. Mereka nantinya akan menyalurkan suaranya di 4.315 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Terpisah, Darul Hasyim Fath, caleg asal Pulau Masalembu mengatakan pulau itu kini sedang diterjang badai. Sehingga pengiriman logistik pemilu ke Masalembu sulit bila dikirim dengan kapal laut.

"Badai itu gabungan dari angin kencang, ombak tinggi dan hujan yang datang bersamaan. Coba cek di situs cuaca, Masalembu warnanya merah terus," katanya.

Baca Juga

loading...