Sensasi Menanti Berbuka dengan Pesawat Terbang di Atas Kepala

M. Khaesar Januar Utomo

Jumat, 10 Mei 2019 - 15:06

JATIMNET.COM, Sidoarjo – Kawasan sekitar Bandara Internasional Juanda mendadak ramai. Banyak warga sekitar berkumpul di lokasi tersebut menunggu azan magrib. Waktu luang tersebut dimanfaatkan warga sekitar sekadar momong anak atau jepret momen dengan kamera ponsel.

Tak lain tujuannya adalah menyaksikan pergerakan pesawat, baik take off (hendak mengudara) maupun landing (mendarat). Maklum di kawasan Jalan Raya Sedati Gede begitu leluasa untuk menyaksikan pergerakan pesawat dengan jelas.

Jatimnet.com berkesempatan menyaksikan aktivitas warga sekitar, Kamis 9 Mei 2019, sekitar pukul 16.00 WIB. Selepas meliput sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, menyempatkan diri untuk menyaksikan aktivitas warga.

Tak jarang anak-anak terlihat berteriak sambil melambaikan tangan ke arah pesawat. Mereka berdiri di atas gundukan tanah yang tidak terlalu tinggi, dan mudah dijangkau. Begitu juga remaja hingga orang dewasa tampak menengadah manakala pesawat melintas di atas kepala.

BACA JUGA: Membuang Waktu, Menunggu Buka Puasa di Jembatan Suroboyo

“Saya hampir setiap hari datang ke sini sambil mengajak anak-anak. Kebetulan hari ini momennya pas bulan Ramadan. Pas untuk ngabuburit,” kata Aris, warga Wedoro yang dijumpai Jatimnet.com, Kamis 9 Mei 2019 sore.

Pria berusia 35 tahun itu mengatakan ngabuburit tidak harus mahal. Mengajak anak-anak menyaksikan pesawat datang dan pergi di sekitar kawasan Bandara Internasional Juanda sudah cukup.

Sore itu kawasan Sedati Gede cukup ramai. Pada saat terdengar suara pesawat mendekat, mereka mengambil posisi untuk sekadar melambaikan tangan dan berteriak. Sebaliknya, pada saat tidak ada pesawat yang melintas, mereka bermain biasa. Ada pula yang tidak begitu peduli dengan datangnya pesawat.

Sri Rahayuningsih, warga Sedati Gede mengaku setiap sore mengajak anaknya untuk melihat pesawat terbang. Selain ingin mengenalkan pesawat terbang, aktivitas tersebut dianggap sebagai rekreasi.

BACA JUGA: Empat Tempat Ngabuburit di Surabaya yang Asik dan Seru

"Rekreasi tidak perlu mahal. Cukup ngajak anak-anak ke sini (Jalan Raya Sedati Gede), mereka sudah senang,” jelasnya.

Wanita yang akrab disapa Yuni itu menambahkan, rekreasi di tempat tersebut ditambah banyaknya pedagang mainan. Tidak jarang anaknya dibelikan mainan berbahan plastik sepulang ngabuburit.

Selain melihat pesawat, anak anak muda memanfaatkan momen ini bersama teman teman untuk berswafoto. Seperti yang dilakukan Airin (17) warga Tropodo ini datang bersama teman-temannya untuk mengabadikan momen tersebut.

“Tempatnya bagus jadi senang datang ke sini untuk foto-foto,” ungkapnya. Sejurus Airin bersama rekan-rekannya memanfaatkan kamera ponsel untuk jepret sana-sini. Terlebih saat pesawat melintas.

Baca Juga

loading...