SAR Jember Terus Upayakan Pencarian Korban Tenggelam

Ahmad Suudi

Selasa, 12 Februari 2019 - 20:49

JATIMNET.COM, Jember – Tim SAR Kabupaten Jember akan melanjutkan pencarian korban tenggelam di Sungai Sadengan di Kecamatan Puger. Upaya pencarian itu akan dilanjutkan hingga ke hilir yang bermuara di Pantai Puger.

Korban yang diduga hanyut itu adalah Nahrowi (30) warga Desa Kasiyan Timur, Kecamatan Puger. Dia diduga terseret arus sungai pada Sabtu 9 Februari 2019, dan hingga hari ketiga pencarian belum ada kepastian penemuan.

“Kami akan melakukan penyisiran di Laut Pelawangan (Pantai Puger). Pencarian akan kami perluas hingga ke barat mulai besok (Rabu, 13 Februari 2019),” kata Koordinator Pos Basarnas Jember, Asnawi Suroso, Selasa 12 Februari 2019.

BACA JUGA: Longsor Timbun Tiga Rumah Di Jember

Dia mengatakan apabila upaya penyisiran masih masih belum menemukan hasil, jenazah Nahrowi diperkirakan terbawa arus ke arah barat, sesuai kecenderungan arah arus laut saat ini.

Sebelumnya Tim SAR telah mengerahkan 30 personil, dengan melakukan penyisiran di Sungai Sadengan atau titik Nahrowi tenggelam. Selanjutnya Tim SAR juga sudah melakukan pencarian hingga hingga muara yang bisa ditempuh selama 45 menit menggunakan perahu karet.

Namun setelah ditelusuri dan diperiksa secara cermat, Nahrowi tidak ditemukan di sepanjang aliran sungai. Hal ini yang membuat Tim SAR berencana melanjutkan pencarian hingga besok Pantai Puger.

“Korban kemungkinan terseret pada saat debit air sedang tinggi. Pada saat itu korban diduga tengah menyeberangi Sungai Sadengan hingga terbawa arus pada pukul 15.00 WIB,” paparnya.

BACA JUGA: Berikan Rasa Nyaman Bagi Pemudik, Tim SAR Lakukan Patroli Di Selat Bali

Pada kesempatan tersebut, Tim SAR Jember telah mengevakuasi empat korban kecelakaan laut di Pantai Payangan. Empat korban tersebut adalah peserta bimbingan konseling (BK) Pemkab Jombang yang tenggelam pada Minggu 10 Februari 2019.

Pada peristiwa ini empat orang terseret ombak yang terdiri atas Mohamad Hasan (30), Yudha Mahardika (34), Zakiyah (30), dan Yanik Susanty (34). Penemuan jenazah Yudha dan Zakiyah pada 10 Februari 2019, sedangkan Yanik berhasil diselamatkan.

“Jenazah terakhir yang kami temukan adalah Mohamad Hasan (Selasa 12 Februari 2019), sekitar dua kilometer sebelah timur tempat awal dia tenggelam. Dari kondisinya tidak ada luk-luka sama sekali,” lanjutnya.

Baca Juga

loading...