Rekapitulasi suara tuntas dilakukan per 1 Mei 2019.

Rekapitulasi Suara Tuntas di Ponorogo,152 Ribu Orang Golput

Gayuh Satria Wicaksono

Jumat, 3 Mei 2019 - 12:15

JATIMNET.COM, Ponorogo – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ponorogo menuntaskan rekapitulasi surat suara Pemilu 2019.

Hasilnya, dari 752.336 pemilih, diperoleh suara untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf mencapai 422.016 suara, dan Prabowo-Sandi mendapatkan 166.716 suara.

KPU juga mendata, jika partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019 mencapai 80 persen, sementara sisanya sebanyak 152.313 pemilik suara abstain.

“Antusiasme masyarakat meningkat jika dibandingkan dengan pilgub 2018 kemarin, yang hanya 66 persen pemilih, jauh dari target 78 persen partisipasi pemilih,” Kata Komisoner KPU Kabupaten Ponorogo Arwan Hamidi, Jumat 3 April 2019.

BACA JUGA: Proses Rekapitulasi Surat Suara KPUD Ponorogo Molor

Arwan menjelaskan, jika pada Pilpres 2019 ini KPU Ponorogo telah melampaui target KPU RI, yang sebanyak 77 persen suara. Hal ini tidak lepas dari sosialisasi yang gencar dilakukan oleh KPU, serta antusiasme masyarakat akan pilpres.

Sementara itu, terkait rekapitulasi hitung suara yang berakhir pada Rabu 1 April 2019, petang, terdapat dua saksi Parpol yang menolak untuk menandatangani berita acara. Hal ini terjadi, karena hasil dari rekapitulasi kabupaten, berbeda dengan hasil rekap internal parpol.

“Kedua parpol tersebut adalah Nasdem dan Golkar dari Dapil 3 dan 6 Ponorogo, untuk perhitungan perebutan DPRD Kabupaten,” terangnya.

Meski begitu, Arwan menuturkan jika hasil rekapitulasi kabupaten oleh KPU Ponorogo tetaplah sah, para saksi telah diminta untuk mengisi alasan menolak tanda tangan dan dicatat, yang kemudian seluruh hasil rekapitulasi, dikirim ke KPU provinsi dan pusat.

BACA JUGA: Seorang Anggota KPPS di Ponorogo Meninggal Karena Kelelahan

Selain itu, ada beberapa nama caleg yang telah meninggal juga tetap mendapatkan suara, seperti Dylan Sahara Puteri yang maju Pileg di DPRD Provinsi dapil IX, mendapatkan 1.757 suara, dan Eril Eristianto Dardak, yang maju sebagai Caleg DPR RI dapil VII mendapatkan 3.857 suara.

“Karena tidak mendapat SK TMS, maka suara sah ini masuk kedalam suara sah parpol, sehingga suara tidak hilang,” pungkasnya.

Baca Juga

loading...