Persaingan Dua Bintang Youtuber Picu Tawuran Massal di Jerman

Nani Mashita

Sabtu, 23 Maret 2019 - 11:00

JATIMNET.COM, Surabaya – Sebanyak 400 orang terlibat tawuran massal di alun-alun Alexanderplatz, Kota Berlin, Jerman, Jumat 22 Maret 2019. Tawuran ini dipicu oleh persaingan dua YouTuber. Sembilan orang ditangkap setelah polisi berhasil melerai perkelahian ini.

Seperti dilansir www.bbs.com, Jumat 22 Maret 2019, ratusan orang berkumpul setelah dua influencer media sosial dilaporkan mendesak penggemar mereka untuk bergabung. Huru-hara pun tak terhindarkan.

Lebih 100 petugas polisi dikerahkan untuk memecah perkelahian massal tersebut. Petugas menggunakan semprotan merica dan gas air mata setelah upaya untuk membubarkan kerumunan dengan pengeras suara gagal.

BACA JUGA: Ribuan Liter Susu Tumpah Bekukan Jalan di Jerman

Di lokasi kejadian ditemukan batu-batu yang diambil dari jalur kereta api di subway terdekat. Dua petugas terluka dan enam orang dirawat karena iritasi mata.

Pertikaian tersebut merupakan buah "perselisihan" antara dua bintang YouTube dari Berlin dan Stuttgart. YouTuber yang dimaksud, kata media, adalah "Thatsbekir" dan "Bahar Al Amood". Tapi keduanya membantah postingan di media sosialnya jadi penyebab tawuran massal tersebut.

Kepala Kesatuan Polisi Berlin, Gewerkschaft der Polizei (GDP) Norbert Cioma, menuntut agar para bintang media sosial lebih bertanggung jawab ketika akan memposting sesuatu. “Kami melihat banyak influencer yang lalai dengan pengaruh yang mereka sebabkan akibat postingannya,” katanya.

Baca Juga

loading...