Tampilkan konsep tradisional bertajuk modern

Oriental Circus Indonesia Gelar Pertunjukan di Surabaya

Khoirotul Lathifiyah
Khoirotul Lathifiyah

Kamis, 14 Maret 2019 - 10:36

JATIMNET.COM, Surabaya - Oriental Circus Indonesia menggelar pertunjukan terbesar di Kota Surabaya dengan konsep tradisional bertajuk modern. Mengusung ‘The Great 50 Show’, kelompok ini akan memberikan pengalaman menonton sirkus yang berbeda di Indonesia.

“Konsep ini di-refresh pada bulan Oktober-November 2018 lalu. Kali ini, yang kami tampilkan adalah sirkus tradisional (akrobat) yang dikombinasikan dengan memanfaatkan teknologi atau modern akrobat,” kata Manager Ananta Harsa Group (AHG) Hans Manansang, Rabu 13 Maret 2019.

Sirkus ini menampilkan berbagai atraksi, mulai dari akrobat, badut, aksi trapeze, juggling, sepeda roda, dan tarian modern dengan lampu ultra light yang dipadukan dengan musik.

BACA JUGA: Pemkot Percantik Kota Surabaya dengan Tambah Lampu Hias

Hans mengungkapkan ada 30 pemain yang akan menampilkan atraksinya masing-masing. Mereka ini sembilan warga Indonesia, satu orang Jerman dan 20 orang China.

Salah satu pemain asal Jerman yaitu Josh Kunze, Pemeran Utama atau Ring Master ini akan membawakan lagu ciptaannya bersama Nikita Dompas. Ia mengatakan tidak mengcover lagu orang lain. Ia akan membawakan dua jenis lagu saat sirkus dimulai, yakni yang happy dan melow.

“Base-nya bercerita tentang seseorang yang punya mimpi dan berusaha keras untuk mengejar mimpi itu. Lagu itu memuat pesan sangat kuat ihwal mengejar mimpi. Apa pun halangan dan rintangannya, jangan berhenti untuk mengejar mimpi,” jelas Josh.

BACA JUGA: Asal Usul Kampung Made Surabaya

Pertunjukkan kali ini memuat banyak elemen yang digabung menjadi satu dalam sebuah adegan. Sirkus ini bukan sirkus seperti zaman dahulu yang hanya dilihat oleh anak kecil saja. Yang sekarang ini lebih untuk orang-orang milenial dengan kemasannya yang berbeda.

Pertunjukan sirkus yang berdurasi dua jam dengan interval selama 20 menit ini banyak menyuguhkan adegan menegangkan. “Banyak adegan yang terlalu tegang. Dan tiap pembagian mempunyai nilai tersendiri,” ujarnya.

Mantan Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf mengapresiasi pagelaran sirkus yang diselanggarakan di Surabaya. Ia mengatakan seharusnya sirkus seperti ini perlu sering diadakan agar menjadi salah satu hiburan dan sebagai salah satu pilihan keluarga untuk berlibur bersama.

BACA JUGA: Lima Spot Instagramable Baru di Surabaya

“Saya ikut bangga bangsa Indonesia mempunyai sirkus yang mampu bertahan cukup lama. Sempat diceritakan bahwa sirkus melewati proses yang panjang. Ada masa-masa sulit, kritis hingga duka yang harus dilalui pemimpin sirkus. Ini bisa menjadi pelajaran sekaligus inspirasi untuk yang lainnya dalam berjuang,” katanya

Sirkus The Great 50 Show ini dimulai pukul 19.00-21.15 WIB yang dimulai dengan nyanyian dari Josh. Selanjutnya sirkus konsep lama ditampilkan dengan memeragakan atraksi akrobatik. Menurut rencana, grup sirkus ini akan menggelar pertunjukan di Surabaya hingga pertengahan April mendatang.

Kemudian ada sesi yang menampilkan pemain yang mengenakan kostum satwa gajah dan singa. Dan di akhir pertunjukan, terdapat tarian modern dengan memanfaatkan lampu ultra light seolah-olah penari tersebut memegang lampu dalam tariannya.

Baca Juga

loading...