Pemkot Percantik Kota Surabaya dengan Tambah Lampu Hias

Khoirotul Lathifiyah
Khoirotul Lathifiyah

Minggu, 10 Maret 2019 - 22:10

JATIMNET.COM, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menambah lampu hias untuk mempercantik jalan protokol dan sungai-sungai di Surabaya. Penambahan lampu hias ini sekaligus untuk menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) yang ke 726 tahun pada Mei mendatang.

Sekretaris Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Ipong Wisnoewardono menjelaskan, rencana itu masih dalam tahap konsultasi kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

“Beberapa lampu itu nanti akan menghiasi sungai dan jalan protokol Kota Surabaya. Jadi ini masih kami konsultasikan, bentuk dan lokasinya,” kata Ipong saat dikonfirmasi melalui telepon, Minggu 10 Maret 2019.

BACA JUGA: Pemkot Surabaya Perlebar Jalan Simpang Dukuh

Menurutnya, untuk saat ini, pemasangan lampu hias dan pernak-pernik hiasan lain seperti layang-layang telah dipasang di jalan protokol Kota Surabaya seperti di Jalan Tunjungan dan Jalan Ahmad Yani. Selain itu, pihaknya juga akan memberikan lampu hias seperti di frontage yang diperuntukkan untuk roda dua juga tidak luput dari perhatian Pemkot Surabaya.

“Kemungkinan lampu hias yang baru ini bentuknya berbeda dengan yang sudah ada. Tergantung saran dari wali kota nanti seperti apa bentuk dan tata letaknya,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjelaskan, pemasangan lampu hias tersebut ternyata ampuh menekan angka kecelakaan di Surabaya. Pasalnya, pengendara yang melintas jalan otomatis melambatkan laju kendaraanya sembari menikmati suasana malam saat berjalan pada malam hari.

Hal itu disampaikan oleh Risma saat menghadiri Millenial Road Safety Festival di Polrestabes Kota Surabaya. “Jadi saat ini angka kecelakaan di Surabaya mulai berkurang, selain dari kerja keras dari Polisi, Pemkot juga mengimbangi dengan menghias beberapa jalan agar terlihat tidak membosankan. Jadi ayo rek tertib lalu lintas,” tuturnya saat sambutan.

BACA JUGA: Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Publik untuk Penyandang Disabilitas

Selain itu Risma juga mengungkapkan, kalau beberapa lampu hias yang dipasang oleh Pemkot Surabaya melalui DKRTH dinilai ampuh mengurangi angka kecelakaan. Dalam hal ini, ia berniat untuk menambah beberapa lampu tersebut di beberapa ruas jalan dan sungai.

“Nanti itu kami akan tambah lagi lampu-lampunya, pengendara biar tidak bosan di jalan. Selain itu juga dijadikan daya tarik wisatawan saat menjelang ulang tahun Kota Surabaya ke 726,” katanya.

Dari pantauan Jatimnet.com beberapa lampu hias yang sudah terpasang di beberapa titik memang memiliki bentuk dan ornamen yang berbeda dari sebelumnya. Misalnya di Jalan Tunjungan yang sebelumnya dengan lampu hias bentuk bunga-bunga, saat ini menggunakan bentuk lampu hias dengan ornamen batik. Sedangkan di sepanjang sungai di Surabaya sebelumnya terpasang lampu hias ornamen bunga. Sedangkan saat ini lebih banyak lampu hias berbentuk ikan-ikan air tawar.

Baca Juga

loading...