Lewat Selawat Akbar, KPUD Banyuwangi Imbau Masyarakat Tak Golput

Ahmad Suudi

Reporter

Ahmad Suudi

Rabu, 10 April 2019 - 07:31

JATIMNET.COM, Banyuwangi - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Banyuwangi menggelar selawat akbar untuk mengajak masyarakat muslim menggunakan hak pilihnya dalam pemilu mendatang. Ajakan untuk mencoblos juga disisipkan di sela-sela pembacaan syair selawat yang dibawakan grup Syubbanul Muslimin.

Ketua KPUD Banyuwangi Syamsul Arifin dalam sambutannya mengajak jemaat penggemar selawat yang hadir untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), saat hari pemungutan suara nanti, Rabu 17 April 2019.

Ia mengatakan saat itu akan dilakukan pemungutan suara untuk menentukan Presiden dan Wakil Presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

BACA JUGA: KPU Jatim Verifikasi Laporan BPN

"Saya harap yang usianya 17 tahun ke atas, jangan lupa pergi ke TPS," kata Syamsul, di Stadion Diponegoro Banyuwangi, Selasa 9 April 2019.

Dalam acara itu, KPU mendatangkan vokalis grup selawat dari Pesantren Nurul Qodim, Paiton, Probolinggo. Dalam pembacaan selawatnya, grup selawat ini mengajak jemaat berpartisipasi dalam pemilu, setelah membawakan " Ya Robbi Sholli Ala Muhammad " dan beberapa syair selawat lainnya.

Selain itu mereka juga mengajak generasi milenial Islam yang hadir untuk menolak politik uang. "Wahai saudaraku para pemuda, pilihlah pemimpin Indonesia, nomor 1 atau nomor 2," begitu penggalan kalimat ajakan yang disisipkan.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang hadir dalam acara itu mengatakan pemilu nanti akan diikuti oleh 51 juta pemilih milenial. Ribuan jemaat yang didominasi pemuda-pemudi diharapkannya menggunakan hak pilihnya di TPS masing-masing.

BACA JUGA: KPU Jamin Legitimasi Pemilu

"Yang punya hak pilih silahkan datang semua, semoga terpilih legislatif hebat yang bisa memajukan bangsa dan negara, hingga mampu bersaing dengan negara dan bangsa lain," kata Anas.

Dia mengatakan Syubbanul Muslimin menjadi contoh bagaimana media sosial Instagram dan YouTube diisi konten positif. Akun resmi syubbanulmuslimin di Instagram memiliki 733 ribu pengikut dan channel YouTube mereka memiliki 1.148.548 subscriber.

Keduanya berisi konten video dan infografis kegiatan mereka saat berselawat di berbagai tempat.

Baca Juga

loading...