Tidak Boleh Dipotong

Legislator Ingatkan Gaji GTT/PTT Bukan Honor

Baehaqi Almutoif
Baehaqi Almutoif

Selasa, 12 Maret 2019 - 21:26

JATIMNET.COM, Surabaya – Komisi E DPRD Jawa Timur mendapati banyak keluhan Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) terkait tambahan penghasilan yang belum banyak tersalurkan.

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur Suli Daim menemukan fakta terkait dana kesejahteraan guru yang ternyata tidak menambah pendapatan. Padahal hasil rapat kerja bersama dana yang dianggarkan melalui APBD 2019 itu disepakati tambahan penghasilan, bukan honor.

“Nama dana itu adalah biaya bantuan kesejahteraan bagi GTT/PTT, karenanya bukan honor namun tambahan penghasilan," ujar Suli dalam keterangan resminya, Selasa 12 Maret 2019.

BACA JUGA: Pemprov Jatim Perbanyak Penerima Honor GTT/PTT

Dalam APBD 2019 telah disepakati alokasi anggaran Rp 228 milyar untuk 21.754 orang GTT/PTT. Setara Rp 750 ribu per orang diberikan 14 kali dalam setahun. Rinciannya, gaji dua belas bulan ditambah gaji ke-13 yang diberikan saat Lebaran, dan gaji ke-14 ketika tahun ajaran baru.

Politisi asal PAN itupun meminta Dinas Pendidikan Jawa Timur mengembalikan dana APBD ini sesuai dengan fungsinya. Menambah penghasilan yang sudah diterimakan. Semisal mendapat gaji Rp 1 juta, berarti dengan Rp 750 ribu bertambah Rp 1,750 juta.

"Harapan kami ini merupakan satu langkah dalam menuntaskan permasalahan GTT/ PTT, dengan tambahan kesejahteraannya. Semoga menjadi spirit bagi guru. Meskipun belum sepenuhnya memenuhi keinginan, tapi setidaknya meringankan,” bebernya.

BACA JUGA: Pemkab Malang Akui SK GTT K2 Terbentur Aturan

Menurut Suli, selama ini GTT/PTT sudah memberikan pengabdian yang luar biasa demi kelangsungan membantu penyelenggaraan pendidikan. Karenanya harus diperhatikan kesejahteraan mereka.

Sejauh ini Suli telah menemukan sejumlah tambahan penghasilan yang tidak diberikan sesuai tupoksi. Di beberapa daerah, seperti Kabupaten Malang, Bondowoso, Blitar dan Tulungagung, didapati penghasilan tidak menambah gaji yang telah didapatkan.

Baca Juga

loading...