Kotak Suara Terkena Air Hujan Masih Bisa Digunakan

Rochman Arief

Senin, 15 April 2019 - 12:19

JATIMNET.COM Jember – Sejumlah kotak suara yang terkena air hujan di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sumberbaru, Kabupaten Jember masih bisa digunakan untuk kebutuhan logistik pada pemungutan suara, Rabu 17 April 2019.

“Memang ada beberapa kotak suara yang terkena percikan air hujan karena atap ruangan penyimpanan bocor, namun tidak sampai menyebabkan kotak suara rusak dan tetap bisa digunakan,” kata Ketua PPK Sumberbaru Feri Agus Rudianto, Senin 15 April 2019.

Ia mengakui pihaknya menggunakan bekas gedung olahraga di depan Kantor Kecamatan Sumberbaru untuk menyimpan kotak suara sebanyak 1.700 lebih. Namun hujan deras yang mengguyur di wilayah setempat menyebabkan atap ruangan bocor hingga mengenai kotak suara.

BACA JUGA: Sejumlah Kotak Suara di Jember Kebocoran Air Hujan

“Kami sudah antisipasi semaksimal mungkin menempatkan logistik pemilu ke tempat yang aman, namun hujan yang cukup deras menyebabkan atap ruangan bekas gedung olahraga di Kantor Kecamatan Sumberbaru bocor," tuturnya.

Feri mengatakan petugas langsung menjemur sebanyak tujuh kotak suara yang terkena air hujan dan sudah kering. Sehingga kotak suara tersebut dapat digunakan dan dinilai masih layak untuk logistik pemilu.

“Beredarnya informasi yang kurang benar bahwa kotak suara di PPK Sumbebaru rusak karena terkena air hujan menyebabkan aparat kepolisian dan pihak KPU datang ke Kantor Kecamatan Sumberbaru. Padahal kondisi kotak suara hanya terkena percikan air dan masih bisa digunakan,” katanya.

BACA JUGA: Bawaslu Madiun Kerahkan 800 Personel Bersihkan APK

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya akan memindahkan sebagian kotak suara ke ruangan yang lain di Kantor Kecamatan Sumberbaru untuk mengantisipasi kejadian yang serupa karena hujan diprediksi masih mengguyur beberapa wilayah Jember.

“Hari ini pengesetan surat suara, kotak suara dan perlengkapan logistik pemilu lainnya untuk 352 TPS yang tersebar di 10 desa di Kecamatan Sumberbaru hampir rampung. Nantinya distribusi logistik pemilu akan digeser ke panitia pemungutan suara (PPS) besok (Selasa 16 April 2019),” ujarnya.

Pernyataan Ketua PPK Sumberbaru berbeda dengan yang disampaikan sebelumnya kepada sejumlah wartawan, Minggu 14 April. Dia mengatakan sebanyak tujuh kotak suara dipastikan rusak karena genangan air hujan akibat atap ruangan bocor, dan pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU kabupaten untuk mengganti kotak suara. (ant)

Baca Juga

loading...