Jumlah Pekerja Paruh Waktu di Jatim Meningkat

Anang Zakaria

Reporter

Anang Zakaria

Rabu, 1 Mei 2019 - 15:57

JATIMNET.COM, Surabaya - Hari ini, 1 Mei 2019, kaum pekerja di seluruh dunia memperingati hari rayanya, May Day . Jutaan orang turun ke jalan, termasuk di kota-kota di Jawa Timur, untuk menyuarakan pemenuhan hak.

Merujuk data Badan Pusat Statistik, tercatat ada 20,20 juta buruh di Jawa Timur per Februari 2018. Mereka adalah penduduk berusia di atas 15 tahun yang bekerja di belasan sektor. Dari pertanian, kehutanan, dan perikanan; jasa layanan dan perdagangan; hingga industri manufaktur.

Sesuai dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003, pemerintah telah mengatur waktu kerja seorang buruh. Dalam pasal 77 termaktub tujuh jam per hari untuk enam hari kerja per minggu. Atau delapan jam kerja per hari untuk lima hari kerja per minggu. Jika dirata-rata, seorang pekerja akan bekerja selama 40 jam per minggunya.

Kita lazim mengenal pekerjaan paruh waktu dan penuh waktu. Sebuah situs kamus bisnis mendefinisikan pekerja paruh waktu (part time employee) sebagai seseorang yang bekerja selama 1-34 jam per minggu. Adapun pekerja penuh waktu (full time employee) sebagai seseorang yang bekerja selama 35 jam atau lebih per minggu.

Jatimnet.com mengolah data " Keadaan Ketenagakerjaan Jawa Timur, Februari 2018 " yang diterbitkan BPS Jawa Timur. Hasilnya, jumlah pekerja paruh waktu di provinsi ini cenderung meningkat pada tahun 2017 (12,52 juta), menjadi 13,55 juta pada 2018.

Baca Juga

loading...