Jemaah Aboge Probolinggo Baru Merayakan Idul Adha Hari Ini

Zulkiflie

Reporter

Zulkiflie

Selasa, 13 Agustus 2019 - 10:01

JATIMNET.COM, Probolinggo - Warga penganut Islam Aboge yang berlokasi di Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, baru merayakan Hari Raya Iduladha, Selasa 13 Agustus 2019.

Mereka baru melaksanakan Salat Id dan penyembelihan hewan kurban hari ini, atau selisih dua hari dari mayoritas umat Islam yang telah telah merayakannya Minggu 11 Agustus 2019.

Mereka menggelar Salat Id di Masjid Al Barokah. Sembari mengumandangkan takbir, penganut Islam Aboge di Probolinggo secara khidmat melaksanakan Salat Id.

BACA JUGA: Jemaah Aboge Probolinggo Tentukan Salat Id Berdasarkan Kitab Mujarobat

Usai Salat Id, para jemaah menggelar doa bersama yang ditutup dengan kenduri atau makan-makan bersama. Sebanyak satu ekor sapi dan tiga ekor kambing juga telah disiapkan untuk menjadi hewan kurban.

Tokoh Islam Aboge setempat, Kiai Buri Mariyah menjelaskan, perayaan Iduladha Aboge selisih dua hari dari umat Islam umumnya. Hal itu didasarkan hasil perhitungan Kitab Mujarabat yang menjadi pedoman Islam Aboge.

Jemaah Aboge berkeyakinan, Hari Raya Iduladha jatuh pada Selasa Kliwon, 13 Agustus 2019 yang dihitung dengan etode Japatji atau hari kepapat atau empat pasaran siji atau satu.

BACA JUGA: Perbanyak Literasi, Sejumlah Perguruan Tinggi Malang Gelar Lapak Baca

Salah seorang jemaah Aboge, Usman mengatakan, meski terdapat selisih pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, namun warga penganut Aboge dan warga sekitar yang berbeda tetap hidup rukun berdampingan.

Menurut Usman, kehidupan masyarakat di desanya dapat berjalan aman dan nyaman serta saling berdampingan tanpa ada konflik.

"Memang selisih dua hari dari umat Islam umumnya, tapi tidak ada masalah bagi warga sekitar sini yang bukan Jemaah Aboge. Kami saling menghargai di sini," ungkapnya.

Sekadar informasi, di Probolinggo jumlah jemaah Aboge mencapai seribuan orang. Selain di Kecamatan Leces, juga tersebar di empat kecamatan lainnya yakni Dringu, Tegalsiwalan, Bantaran dan Kuripan.

Baca Juga

loading...