Dua WNI Jadi Korban Penembakan di Selandia Baru

Nani Mashita
Nani Mashita

Jumat, 15 Maret 2019 - 21:32

JATIMNET.COM,Surabaya -  Dua Warga Negara Indonesia dilaporkan jadi korban penembakan di Masjid Al Noor dan Linwood di Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, saat persitiwa terjadi ada enam WNI yang berada di dalam masjid, tiga orang berhasil melarikan diri. Adapun dua WNI dilaporkan mengalami luka. “Dua orang WNI terluka dalam insiden tersebut,” kata Retno Marsudi lewat akun Twitternya.

Retno tidak menyebutkan identitas WNI yang jadi korban penembakan tersebut. Dia juga menyatakan Indonesia mengecam keras aksi kekerasan di Selandia Baru dan menyampaikan dukungan Indonesia kepada Selandia Baru dalam menghadapi masa suram ini.

BACA JUGA: 49 Orang Tewas Dalam Penembakan di Masjid Selandia Baru

“Tidak ada tempat untuk aksi seperti itu baik di Selandia Baru maupun di tempat lain di dunia,” ujarnya.

Adapun Kedutaan Besar Republik Indonesia di Wellington terus memantau perkembangan situasi dan telah mengirimkan tim ke Christchurch untuk berkoordinasi dengan otoritas keamanan, rumah sakit dan Perhimpunan Pelajar Indonesia setempat.

“Hingga saat ini tidak ada informasi mengenai WNI yang menjadi korban dalam insiden tersebut,” kata KBRI di Wellington dalam siaran persnya.

BACA JUGA: Kominfo Imbau Tidak Sebarkan Video Penembakan di Selandia Baru

Kemenlu mencatat ada 331 WNI di Christchurch, termasuk 134 mahasiswa. Adapun jarak Wellington ke Christchurch sejauh 440 kilometer. Pemerintah menghimbau agar WNI di Selandia Baru untuk tetap waspada dan berhati-hati. “KBRI juga membuka hotline di nomor +64211950980 dan +64 22 3812 065,” katanya.

Selain WNI, ada tiga warga Afghanistan juga jadi salah satu korban penembakan di masjid di Christchurch, Selandia Baru. Kementerian Luar Negeri Malaysia juga menyatakan ada dua warganya yang ikut jadi korban, mengutip www.reuters.com.  

Penembakan di Masjid Al Noor dan Linwood di Christchurch, Selandia Baru menyebabkan 49 orang tewas dan 20 orang luka-luka.  Empat orang pelaku penembakan sudah ditangkap polisi setempat, salah satunya perempuan. 

Baca Juga

loading...