CLS Knights Gagal Tembus Pertahanan SIngapore Slingers

Rochman Arief

Minggu, 5 Mei 2019 - 18:58

JATIMNET.COM, Jakarta – BTN CLS Knights Indonesia gagal menembus pertahanan Singapore Slingers dalam gim kedua final ABL. Hal itu membuat tim asal Surabaya menelan kekalahan dengan kedudukan, 57-77 dari tuan rumah di OCBC Arena, Singapura, Minggu 5 Mei 2019.

Hasil itu membuat kedudukan final sementara dengan format best of five, menjadi 1-1. Sebab sebelum gim kedua ini, CLS Knights sukses mencuri kemangan pada gim pertama. Selanjutnya pada im ketiga dan keempat bakal digelar di markas CLS di GOR Kertajaya, Surabaya, pada 8 Mei 2019 dan  11 Mei.

Pelatih Neo Beng Siang melakukan perubahan pendekatan yang sangat efektif bagi Slingers untuk melunasi kesalahan dan kekalahan di gim pertama. Di waktu bersamaan mereka membukukan akurasi tembakan tripoin 47 persen.

Sebaliknya, hasil tersebut membuktikan kegagalan pelatih Brian Rowsom mengantisipasi kebangkitan Slingers. Meski dia telah menyebutnya sebagai aspek penting yang harus dilakukan menyongsong gim kedua.

BACA JUGA: CLS Knights Melangkah ke Final ABL

Hal itu, terlihat dari total 20 kali turnover yang diderita CLS sepanjang laga. Jumlah itu hampir tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan tujuh kali yang mereka derita di gim pertama.

Di kubu CLS hanya dua pemain yang mencapai raihan angka dua digit yakni Douglas Herring dengan 18 poin dan Maxie Esho 12 poin. Namun keduanya sama-sama melakukan lima kali turnover.

Brandon Jawato dan Darryl Watkins hanya mencetak delapan poin, sedangkan Wong Wei Long yang awalnya diharapkan jadi tambahan amunisi setelah absen di gim pertama hanya berakhir dengan tiga poin saja.

Di kubu tuan rumah, kemenangan mereka disokong penampilan gemilang Xavier Alexander yang mendulang 16 poin, tujuh rebound, sembilan assist, tujuh steal dan lima blok sepanjang laga. Catatan itu membuktikan gelar Pemain Impor Terbaik yang diterima sebelum pertandingan dimulai, patut ia sandang.

BACA JUGA: Ambisi CLS Knights Merebut Tiket Final Terganjal

Demikian juga John Fields yang sebelum laga menyabet anugerah Pemain Bertahan Terbaik, ia membayar lunas gelar itu dengan mengemas double double dengan 15 poin dan 12 rebound.

Sementara, Jerran Young yang di gim pertama lebih banyak menghangatkan bangku cadangan karena cedera hamstring berhasil membukukan 14 poin meski ia cuma melantai 19 menit di laga kali ini.

Kontribusi maksimal juga diperlihatkan dua pemain lokal Singapura, yakni Ng Han Bin dan Desmond Oh, yang membuktikan kepiawaian sebagai penembak tripoin dan masing-masing menyumbang 14 poin dan sembilan poin bagi kemenangan Slingers. (ant)

Baca Juga

loading...