Bocah Tujuh Tahun Jadi Youtuber Terkaya Versi Forbes

Nani Mashita

Senin, 8 April 2019 - 15:52

JATIMNET.COM, Surabaya - Saat ini pekerjaan idaman mungkin bukan menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS), tapi seorang Youtuber. Seorang Youtuber bisa mendapatkan penghasilan ratusan miliar rupiah, tiap tahunnya.   

Pemasukan ini bisa diperoleh dari berbagai sumber seperti pengiklan atau membuat merk pribadi yang bernilai jutaan dolar.

Sukses jadi youtuber juga bisa berarti undangan tampil di televisi, tur dunia hingga jadi influencer yang mempengaruhi budaya pop dunia, dilansir dari Businessinsider.com, Senin 8 Apr‎il 2019. 

Berikut 10 Youtuber dengan bayaran tertinggi versi Forbes, mengacu pada pendapatan 1 Juni 2017 hingga 1 Juni 2018.

10. Logan Paul - USD 14,5 juta 

Tahun lalu, pendapatan Logan Paul berada di posisi keempat. Tapi video kontroversialnya soal bunuh diri di Jepang membuat pendapatannya merosot drastis. 

BACA JUGA: Raja Youtuber PewDiePie Mengaku Kalah dari Rivalnya

Youtube sudah menghapus Logan dari program Google Preferred yang berdampak pada pendapatannya. Untungnya, penggemarnya masih rela untuk subscribe. Total pendapatan Paul sebanyak Rp209 miliaran.  

9. PewDiePie - USD 15,5 juta

Popularitasnya  melonjak saat Brenton Tarrant menyebutkan namanya, ketika menembaki 50 orang di masjid Selandia Baru.   

Pria asal Swedia ini tercatat memiliki subscriber terbanyak di Youtube,  yaitu 92 juta pelanggan. 

BACA JUGA: Persaingan Dua Bintang Youtuber Picu Tawuran Massal di Jerman

Tapi ternyata subscriber terbanyak bukan berarti penghasilannya tahun 2018 menjadi yang paling banyak. Penghasilan Youtuber satu ini masih berada di peringkat kesembilan, dengan pendapatan USD 15,5 juta atau Rp 219 miliaran.

8. Jacksepticeye - USD 16 juta

Youtuber asal Irlandia, Sean "Jacksepticeye" McLoughlin kerap membagikan review soal gim. Bersama PewDiePie, dia mendapat iklan dari Revelmode yang didukung oleh Disney.

Saat Revelmode dibubarkan Disney, McLoughlin sudah menandatangani kontrak dengan Disney XD, sebuah saluran tv yang menyasar anak-anak dan remaja.

BACA JUGA: YTFF Incar 15 Ribu YouTuber dari Surabaya

Selain itu, dia juga tampil dalam even di Eropa dan Amerika Utara. Pendapatannya sepanjang tahun 2018 mencapai USD 16 juta atau Rp 226 miliaran.

7. Vanoss Gaming – USD 17 juta

Vanoss Gaming adalah saluran yang dijalankan oleh gimer Kanada, Evan Fong, yang malah jarang muncul di depan kamera.  

Dia dikenal karena pengeditannya yang unik, karya seni asli, dengan suara bernada komedi. Selain dari video konten, Fong membuat lini pakaian pribadi dan musik yang diproduksi sendiri dengan nama Rynx.

BACA JUGA: Usir Predator, YouTube Sensor Komen di Video Anak-anak

Penghasilan Youtuber asal Kanada ini pun menempati peringkat ke-7 dengan total USD 17 juta, atau Rp 240 miliaran sepanjang tahun 2018.

6.Markiplier – USD 17,5 juta 

Lagi-lagi, Youtuber yang me-review gim masuk dalam daftar pendapatan tertinggi. Mark Edward Fischbach alias “Markiplier” jadi salah satu Youtuber populer.

Nyemplung di bisnis ini sejak lima tahunan lalu, Markiplier kerap berkolaborasi dengan influencer lain.  Dia punya 23 juta pengikut. 

Sebenarnya Fischbach pernah kuliah sebagai ahli biomedikal sebelum serangkaian peristiwa mengubah hidupnya. Dia memiliki tumor yang berhasil dihilangkan dari kelenjar adrenalnya, putus dengan pacarnya, dan diberhentikan dari pekerjaannya, sebelum ia memulai salurannya.

BACA JUGA: Youtube Hapus Akun Channel Pelaku Pornografi Anak Austin Jones

Ia juga memiliki bisnis baju yang diberi nama Cloak, hasil kerja sama dengan Jacksepticeye. Penghasilan Youtuber satu ini mencapai USD 17,5 juta, atau sekitar Rp247 miliaran.  

5. Jeffree Star – USD 18 juta

Sebelum dikenal sebagai Youtuber, Star adalah sosok yang paling banyak diikuti di era MySpace. Dia akhirnya nyemplung di saluran Youtube sejak 2014.

Penata rias ini kerap tampil dengan tips kecantikan, tutorial make up dan vlog. Dia juga memiliki brand kosmetik sendiri, Jeffree Star Cosmetics. 

BACA JUGA: Cak Ikin, Culoboyo, dan Pundi-pundi Uang dari Youtube

Hanya punya 13 juta subscribers, toh penghasilannya USD 18 juta atau Rp 254 miliaran sepanjang 2018.

4. DanTDM - USD 18,5 juta

Streamer video-gim Australia Daniel "DanTDM" Middleton, adalah YouTuber dengan bayaran tertinggi tahun lalu, dengan pendapatan USD 16,5 juta.

Penghasilan Middleton tahun 2018 melonjak, berkat tur dunia yang mencakup tiket empat pertunjukan, terjual habis di Sydney Opera House, dan clothing line yang laris manis. 

BACA JUGA: Sosialisaikan Kehidupan ODHA Melalui YouTube

DanTDM biasanya me-review gim "Minecraft". Dia jugaberperan dalam film "Ralph Breaks the Internet" Disney sebagai eBoy. Tahun ini penghasilannya hanya USD 18,5 juta, atau Rp 261 miliaran. 

3. Dude Perfect - USD 20 juta  

Saluran ini fokus pada olahraga, menampilkan ratusan tembakan trik dan aksi yang luar biasa. Saluran ini dijalankan oleh lima orang, yaitu si kembar Cory dan Coby Cotton, Garrett Hilbert, Cody Jones, dan Tyler Toney, yang semuanya kuliah di Texas A&M University.

Trik grup ini mengumpulkan banyak perhatian viral, dan mereka tampil di "Good Morning America", serta beberapa acara ESPN.

Seiring popularitas mereka yang meningkat, Dude Perfect juga telah memproduksi video dengan sejumlah atlet profesional terkenal, termasuk Odell Beckham Jr, Drew Brees, Chris Paul, dan Dale Earnhardt Jr.

BACA JUGA: Peringati Earth Hour, Nonton Debat Capres di Youtube Saja

Berkat tingkah unik mereka dan  kadang mengundang tawa, penghasilan Youtuber ini mampu mencapai USD 20 juta atau Rp 282 miliaran.

2. Jake Paul -  USD 21,5 juta

Dari namanya tentu bisa diketahui dia adalah adik dari Logan Paul. Namun adiknya lebih tenar lewat vlog harian dan video rap, dengan lebih dari 18 juta pengikut, setiap minggunya.

Seperti Logan, ketenaran internet awal Jake Paul sebenarnya berasal dari jaringan media sosial Vine yang sudah tidak ada, di mana ia memiliki lebih dari 5 juta pengikut, dan 2 miliar tampilan, di kontennya.

BACA JUGA: Tagar Ini Trending di Twitter Pasca Rencana Blokir Gim PUBG

Paul mendapat perhatian nasional pada Juli 2017, untuk perseteruannya dengan tetangga-tetangganya, atas keluhan kebisingan serta ulah fans nya di  lingkungan Los Angeles. Penghasilannya fantastis, mencapai USD 21,5 juta atau Rp 303 miliaran sepanjang tahun 2018.

1. Ryan Toys Review – USD22 juta  

Ini dia Youtuber terkaya 2018, seorang bocah 7 tahun yang hobinya review mainan. Orang tuanya mulai merekam aksinya, saat menggunakan mainan di bulan Maret 2015.

Total ada 18 juta pengikut di saluran Youtube Ryan. Tapi pengaruhnya di dunia industri mainan, melipatgandakan pendapatan keluarga dari 2017.  

BACA JUGA: Bermasalah, Facebook dan Instagram Mencuit di Twitter

Selain me-review mainan milik partner Youtube, seperti pocket.watch dan Bonkers Toys, dia juga meluncurkan Ryan World, mainan kerjasama dengan Walmart.

Penghasilan Youtuber cilik ini sebesar USD 22 juta atau Rp 310 miliaran.

Baca Juga

loading...