Raja Youtuber PewDiePie Mengaku Kalah dari Rivalnya

Nani Mashita

Rabu, 3 April 2019 - 09:50

JATIMNET.COM, Surabaya - Media sosial Youtube tengah heboh. Youtuber terkenal, PewDiePie mengakui kekalahannya kepada rival terberatnya T-Series, karena subscriber-nya lebih banyak. T-Series, dikenal dengan postingannya soal trailer film dan video musik Bollywood, dilansir dari BBC.com, Selasa 2 April 2019.

Sedangkan PewDiePie dikenal karena suka memposting komentar dan sketsa video game. Gamer asal Swedia itu sempat melejit setelah teroris Selandia Baru, Brenton Tarrant menyebutkan namanya saat menembaki jemaah salat Jumat di dua masjid Christchurch, Selandia Baru. PewDiePie sendiri menyanggah ada keterkaitan dengan pelaku.

PewDiePie yang punya nama asli Felix Kjellberg, berjuang mempertahankan diri dari serangan T-Series di posisi puncak subscriber terbanyak. Namun akhirnya dia memposting sebuah video berisi ucapan selamat kepada rivalnya. Dia bahkan membuat tema Bollywood yang merujuk pada postingan T-Series.  

BACA JUGA: YTFF Incar 15 Ribu YouTuber dari Surabaya

"Yang diperlukan hanyalah entitas korporat besar dengan setiap lagu di Bollywood," katanya dalam video, mengacu pada kekalahannya.

Pada Senin pagi, T-Series memimpin sekitar 15.500 subscriber di atas PewDiePie, yang memiliki lebih dari 92 juta subscriber. Namun pada sore hari PewDiePie kembali memimpin, dengan 34.400 lebih banyak subscriber daripada T-Series.

Dalam beberapa bulan terakhir, para pendukung PewDiePie telah melakukan sejumlah upaya promosi agar jumlah subscriber-nya terus bertambah. Langkah yang dilakukan antara lain oleh teman sesama Youtuber, Jimmy "MrBeast" Donaldson dan teman-temannya mengenakan kaus PewDiePie di Super Bowl AS.

Bahkan ada peretas yang sengaja meretas ribuan printer dan mencetak pesan agar orang-orang menekan tombol subscriber bagi saluran PewDiePie.

BACA JUGA: Persaingan Dua Bintang Youtuber Picu Tawuran Massal di Jerman

Jumlah subscriber PewDiePie melonjak drastis saat CEO Tesla Elon Musk menjadi tuan rumah bersama sebuah edisi acara Meme Review bersama Justin Roiland, rekan pembuat serial kartun Rick and Morty.

Namun bagi pemilik akun T-Series, Bhushan Kumar mengaku tidak terlalu memperhatikan perebutan subscriber, seperti halnya yang dilakukan oleh PewDiePie. "Saya tidak terganggu, bahkan tidak tahu kalau PewDiePie melihat hal ini dengan sangat serius," katanya.

Dia bahkan tidak pernah menyuruh artisnya atau penggemarnya untuk menjadi pengikut saluran ini. Adapun saluran T-Series dimulai oleh ayah Kumar, di tahun 1983. Perusahaan ini lalu berpindah di Youtube tahun 2011 lalu.

BACA JUGA: Peringati Earth Hour, Nonton Debat Capres di Youtube Saja

PewDiePie merupakan salah seorang youtuber terpopuler saat ini serta punya bayaran tertinggi. Terjun di Youtube sejak delapan tahun lalu, bisnis konten kreatif miliknya menghasilkan pemasukan yang menggiurkan.

Menurut MoneyNation dilansir dari Influencermarketinghub.com, tahun 2011 kekayaan PewDiePie dari Youtube mencapai USD18,7 juta. Mahasiswa drop out ini akhirnya mencapai ketenaran di tahun 2016 dengan mencetak rekor 50 juta subscriber.

Di tahun 2016 ini, MoneyNation lagi-lagi memperkirakan kekayaan PewDiePie mencapai USD 90 juta atau sekitar Rp1,2 triliun lebih.

Sekarang, Raja Youtube ini memiliki 93,7 juta subscriber. Berapa duit yang mengalir ke kantongnya? Gak bisa dibayangin!

Baca Juga

loading...