BMKG Nyatakan Wilayah Pasuruan Masih Berpotensi Hujan Deras

Hari Istiawan

Senin, 29 April 2019 - 18:05

JATIMNET.COM, Pasuruan - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Juanda menyatakan wilayah Pasuruan masih berpotensi terjadi hujan deras disertai dengan angin kencang, terutama pada malam dan dini hari selama beberapa hari ke depan.

"Saat ini masa fase basah, selain itu juga terdapat pusaran 'Eddy' di utara Pulau Jawa yang menyebabkan konvergensi di wilayah Jawa Timur sehingga memperkuat potensi pembentukan awan-awan konvektif penyebab hujan lebat," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto, Senin 29 April 2019.

BACA JUGA: Banjir Pasuruan Sebabkan Perjalanan KA Surabaya-Banyuwangi Terganggu

Ia memperkirakan kondisi ini akan masih terus terjadi sampai dengan tanggal 2 Mei mendatang. Dari data yang ada masyarakat hendaknya lebih berhati-hati terkait dengan potensi bencana alam yang bisa terjadi akibat adanya hujan deras.

"Kami meminta kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati terkait dengan potensi hujan deras di wilayahnya masing-masing," kata dia.

Dari pemantauan yang dilakukan oleh BMKG untuk wilayah Jatim, suhu udara berkisar antara 18 derajat sampai dengan 34 derajat Celsius. Kelembapan udara berkisar antara 60 sampai dengan 100 persen. Sedangkan angin dari arah timur dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

BACA JUGA: Rel yang Terdampak Banjir di Pasuruan Perlu Perbaikan

Beberapa daerah lainnya di Jatim yang juga berpotensi huja deras seperti Jombang, Gresik, Ngawi, Lamongan, Lumajang, dan Tuban.

Selain itu, kata dia, bisa meluas ke Kota Mojokerto, Bojonegoro, Kota Madiun, Kota Pasuruan, Surabaya, Kota Probolinggo, Sidoarjo, Magetan, dan Kabupaten Mojokerto.(ant)

Baca Juga

loading...