Aprilia Dilaporkan Pasang Swing Arm Jelang Balapan di Spanyol

Rochman Arief

Rabu, 24 April 2019 - 15:49

JATIMNET.COM, Surabaya – Aprilia diperkirakan menggunakan swing arm pada motornya jelang Grand Prix Jerez, Spanyol akhir pekan ini. Penggunaan swing arm itu terungkap setelah tim asal Italia itu melakukan uji coba di Circuit of The Americas (COTA), Texas, Amerika Serikat.

Seperti diungkap Crash.net, Rabu 24 April 2019, perangkat tersebut kemungkinan berada di RS-GP selama akhir pekan MotoGP Spanyol, atau tes resmi pasca-balapan. Namun sejauh ini belum terungkap lantaran pihak Aprilia belum mengumumkan desain resminya.

Rencana tersebut tidak lepas dari rencana Direktur Aprilia Romano Albesiano. Dia berjanji akan memasang swing arm apabila alat tersebut benar-benar tidak dilarang. Rencana itu dia sampaikan setelah melewati balapan di Austin, Texas, dua pekan silam.

BACA JUGA: Tiga Seri Pembuka MotoGP Lahirkan Juara Berbeda

Swing arm boleh digunakan merujuk kesepakatan antara seluruh tim peserta MotoGP bersama FIM, yang bertujuan mendinginkan ban. Sebab sejauh ini kinerja swing arm bukan bertujuan untuk mendorong motor lebih cepat.

Sebelumnya Aprilia bersama KTM, Honda, dan Suzuki mengajukan protes terkait pemasangan swing arm yang dilakukan Ducati Winnow pada balapaan pembuka di Losail, Qatar.

Namun otoritas MotoGP menolak protes tersebut setelah Ducati menunjukkan bukti bahwa pemasangan swing arm mampu mereduksi suhu ban hingga 7 derajat celsius. Atas dasar tes tersebut menunjukkan swing arm bukan bertujuan menciptakan aerodinamis dan down force guna mendorong kecepatan motor.

BACA JUGA: Marquez Mulai Nyaman dengan Swing Arm

Rencana Aprilia memasang swing arm pada motornya di Jerez juga memancing reaksi kubu Yamaha. Pebalap utamanya, Valentino Rossi mendesak manajemen Yamaha memasang swing arm.

Meskipun Yamaha sejak awal tidak ikut-ikutan mengajukan protes tentang pemasangan swing arm yang diterapkan Ducati.

Ramai-ramai pemasangan swing arm itu juga membuat KTM dan Suzuki latah. Keduanya dilaporkan tengah melakukan analisa dan penelitianpenggunaan swing arm berbahan serat karbon.

Baca Juga

loading...