Marquez Mulai Nyaman dengan Swing Arm

Rochman Arief

Reporter

Rochman Arief

Sabtu, 13 April 2019 - 13:37

JATIMNET.COM, Austin – Juara bertahan MotoGP Marc Marquez mulai nyaman dengan swing arm barunya. Meskipun belum mendapat hasil maksimal, pebalap Repsol Honda itu mencetak hasil tercepat kedua pada sesi latihan bebas (free practice / FP) kedua di Circuit of The Americas, Austin, Texas Jumat 12 April 2019.

Waktu yang dibukukan Marquez dua menit, 03,901 detik atau 0,044 detik lebih lambat dari pebalap Monster Yamaha, Maverick Vinales, yang mengoleksi waktu dua menit 03,875 detik.

Kepada Crash.net, Baby Alien, julukannya, mengaku ada sesuatu yang menarik setelah memasang swing arm. Namun dia masih butuh beberapa kali uji coba untuk memastikan fungsi maksimal swing arm tersebut.

BACA JUGA: Ini Jawaban Marquez Soal Satu Tim dengan Rossi

“Sudah jelas, kami mencoba pada swing arm untuk menambah 'kekakuan'. Tetapi juga perlu mengambil informasi lebih lanjut,” kata Marquez kepada Crash.net, Sabtu 13 April 2019.

Juara dunia MotoGP lima kali itu mengaku ada beberapa perbedaan, seperti titik pengereman, yang menurutnya adalah downforce. Dengan analisa tersebut, pihaknya meminta tim teknis Honda melakukan analisa lebih mendalam.

Sebab tim lain, Ducati Winnow misalnya, sudah memasang swing arm pada balapan di Losail, Qatar, 10 Maret 2019. Hasil analisa pemasangan swing arm, menurut kubu Ducati bukan untuk menambah kecepatan, melainkan untuk mereduksi suhu ban minimal tujuh derajat celsius.

Sebelumnya pemasangan swing arm pada motor Andrea Dovizioso dan Danilo Petruchi sempat menuai protes dari Honda, Suzuki, KTM, dan Aprilia. Namun tim teknis MotoGP menolak gugatan keempat tim atas pemasangan swing arm pada motor Ducati.

BACA JUGA: Lamborghini Sponsor Resmi Pramac Racing

“Ini adalah hal aerodinamis, tetapi kita masih perlu menganalisis lebih lanjut. Karena itu juga memiliki beberapa poin negatif, poin positif dan hal negatif lain. Perlu memahami mana yang lebih baik untuk menyesuaikan dengan gaya berkendara,” urai pebalap kelahiran Cervera, Spanyol itu.

Sejatinya Marquez berpandangan berbeda dengan apa yang disampaikan Ducati. Jika tim asal Italia itu menegaskan swing arm bisa mengurangi suhu ban. Lain halnya dengan apa yang disampaikan Marquez.

“Saya tidak memeriksanya (kondisi ban). Tapi saya tidak berpikir itu perbedaan untuk suhu ban,” tegas Marquez.

Baca Juga

loading...