JATIMNET.COM, Austin – Ambisi Marc Marquez merebut gelar ketujuh secara beruntun di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Texas, Amerika Serikat gagal terwujud. Marquez yang meraih pole position pada balapan seri ketiga itu terjaruh pada lap ke-20, Minggu 14 April 2019.

Hal itu memupus harapannya memperkuat posisinya sebagai King of Texas. Sebab Marquez telah merebut enam gelar di COTA, sejak digunakan MotoGP tahun 2013.

Jatuhnya Marquez dimanfaatkan pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins untuk merebut gelar juara. Gelar ini merupakan yang pertama direbut Suzuki sejak GP Inggris tahun 2016. Selain itu, Rins juga merebut gelar perdananya sejak naik kelas premium.

BACA JUGA: Rossi Merasa Lebih Kuat di Amerika

Rins menjadi yang tercpat dengan catatan waktu 41 menit, 45,499 detik. Sementara Valentino Rossi finish di urutan kedua terpaut 0,462 detik. Adapun Jack Miller (Pramac Ducati) menyusul tiga besar terpaut 8,454 detik.

Keberhasilan Rins merebut kemenangan pada seri ketiga menggambarkan ketatnya persaingan MotoGP tahun ini. Sebab pada balapan pertama di Losail, Qatar, Andrea Dovizioso merebut gelar jura disusul Marquez (Repsol Honda) dan Cal Crutchlow (LCR Honda).

Sedangkan seri kedua yang dilangsungkan di Sirkuit Termas de Rio Hondo, giliran Marquez yang memenangi balapan, disususl Rossi dan Dovizioso.

BACA JUGA: Marquez Mulai Nyaman dengan Swing Arm

Berdasarkan Crash.net, Senin 15 April 2019 terlalu dini memprediksi juara musim 2019. Hal ini mengacu hasil tiga balapan pembuka yang melahirkan juara berbeda di masing-masing sirkuit.

Begitu juga dengan klasemen sementara terus mengalami perubahan. Dovizoso yang mencetak sekali kemenangan, sekali peringkat ketiga, dan sekali peringkat keempat untuk sementara memimpin klasemen sementara dengan 54 poin.

Adapun juara dunia tujuh kali Valentino Rossi di posisi kedua dengan 51 angka disusul Rins 49 poin. Sementara posisi Marquez melorot ke peringkat empat terpisah sembilan poin dari Dovizioso.