JATIMNET.COM, Austin – Hasil positif yang dipetik Valentino Rossi pada balapan di Argentina dua pekan lalu membawa pengaruh besar pada balapan berikutnya. Setelah merebut podium kedua di sirkuit Termas de Rio Hondo (Argentina) Rossi menatap balapan berikutnya di Amerika Serikat.

Kali ini pebalap Monster Yamaha itu meraih pole kedua pada kualifikasi MotoGP di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Texas, Amerika Serikat, Sabtu 13 April 2019 waktu setempat.

Rossi mencatat waktu tercepat kedua, dengan catatan dua menit 4,060 detik. Catatan waktunya 0,273 detik lebih lambat dari peraih pole position Marc Marquez. Hasil ini disambut gembira Rossi yang hampir tidak pernah merebut pole sejak 2009 di sirkuit Laguna Seca.

BACA JUGA: Rossi Naik Podium, Tandai 23 Tahun Karir MotoGP

“Di Argentina saya meraih hasil yang cukup baik, tetapi hari ini mungkin lebih kuat,” kata pebalap kelahiran Urbino 40 tahun silam, seperti dikutip Crash.net, Minggu 14 April 2019.

Dia mengaku puas dengan hasil yang dicapainya. Sebab pada sesi latihan bebas dan kualifikasi sempat terganggu hujan deras yang turun di sekitar kota Austin. Bahkan pihak penyelenggara membatalkan sesi latihan bebas ketiga dan langsung dilaksanakan kualifikasi.

“Saya merasa nyaman dengan M1, setelah melalui hari yang aneh. Kami dihadapkan badai, sulit untuk mengetahui apa yang diharapkan pada kualifikasi. Tetapi kondisi lintasan membaik dan cepat mengering,” jelas juara dunia 10 kali itu.

BACA JUGA: Marquez Mulai Nyaman dengan Swing Arm

Sementara itu, pebalap Ducati Winnow, Andrea Dovizioso tidak bisa menyembunyikan kekecewaannya. Dia harus start dari posisi ke-13 menyusul hasil buruk yang dipetik pada babak kualifikasi.

“Saya sangat kecewa tidak bisa mendapatkannya (meraih pole). Saya melihat setelah latihan bebas keempat kondisi trek tidak begitu membaik," ungkap Dovizioso.

Dovi, sapaannya mengakui pemilihan ban setelah hujan reda menjadi salah satu faktor buruknya hasil kualifikasi. Pergantian ban pada kualifikasi pertama menyebabkan dia kehilangan banyak waktu. Dampaknya Dovi membuang mimpi mengikuti kualifikasi kedua dan harus puas start daria posisi ke-13.