Ada Patung Suroboyo, Taman Kenjeran Ramai Jadi Tempat Ngabuburit

Khoirotul Lathifiyah

Kamis, 23 Mei 2019 - 18:43

JATIMNET.COM, Surabaya – Patung Ikan Suro dan Buaya setinggi 42 meter di Taman Suroboyo Kenjeran jadi tujuan ngabuburit selama beberapa hari terakhir. Patung baru yang megah di tepi pantai, menarik minat pengunjung untuk menunggu waktu berbuka tiba, sekaligus berwisata.

Salah satu pengunjung asal Mojokerto Fuad Nur Hidayatullah (32), mengaku tertarik berkunjung di Taman Suroboyo karena melihat patung berukuran besar di tepi pantai.

"Saya dan keluarga bisa foto di depan patung yang gagah ini," kata dia saat diwawancarai di Taman Suroboyo, Kamis 23 Mei 2019.

Ia menjelaskan tujuan ke Surabaya untuk jalan-jalan dan membeli ikan di Sentra Ikan Bulak Kenjeran. Tapi karena ada taman di tepi pantai, ia bisa sekaligus ngabuburit dan piknik.

BACA JUGA: Ngerandu Buko, Cara Kampung Papring Menunggu Berbuka Puasa

Fuad menyampaikan, anaknya yang duduk di bangku sekolah dasar sangat antusias melihat besarnya patung ikan suro dan buaya. "Dan istri saya pas datang langsung minta fotoin," katanya.

Selain itu, Mahasiswa Stikosa AWS Surabaya Esti Widyana mengatakan jika ia sudah berkunjung ke Taman Suroboyo, hingga tiga kali, sepanjang Ramadan ini.

"Tapi baru kali ini sudah rampung patungnya, seminggu lalu belum jadi bawahnya, dan tidak ada tamannya," katanya.

Esti mengaku sangat senang duduk bersantai dekat patung yang besar. Apalagi jaraknya dekat dengan laut membuat udara yang cukup teduh.

BACA JUGA: Begini Ngabuburit ala Pendekar Pencak Silat

Kepala Seksi Ruang Terbuka Hijau Dinas Kebersihan Ruang dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Rochim Yuliadi mengungkapkan, Patung dan Taman Suroboyo ini akan diresmikan pada Rabu 29 Mei 2019 mendatang, dalam rangka Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) yang ke-726.

Rochim mengungkapkan, patung Suroboyo sendiri sudah rampung sejak awal bulan Mei 2019 lalu. Namun untuk paving dan taman di kaki patung baru diselesaikan minggu ini.

"Nah untuk tanaman di lingkaran kaki patung ini baru satu minggu yang lalu penanaman. Jadi kondisinya masih terlihat layu," kata dia.

Ia mengaku, bunga yang ditanam saat ini sedang dalam tahap penyesuaian. Biasanya untuk menghasilkan tanaman yang lebat membutuhkan waktu kurang lebih satu hingga dua bulan.

BACA JUGA: Banyak Jalan Menanti Berbuka

DKRTH menanam enam jenis semak berbunga pada kaki patung tersebut. Enam jenis tersebut memiliki karakteristik dan warna yang berbeda-beda.

"Ini ada Kana Bangkok yang warnanya merah, Turneria warna kuning dan merah, Fidelia warna kuning, Soka Jambon warna pink, Bogenvil Varigata warna pink, dan Pucuk Merah," kata dia.

Konsepnya, DKRTH memberi nuansa berbunga yang cerah, untuk spot swafoto lebih menarik.

Rochim juga mengaku mendapat laporan petugas lapangan, jika sejak awal bulan Mei 2019 lalu, sudah banyak pengunjung yang datang untuk ngabuburit.

BACA JUGA: Sensasi Menanti Berbuka dengan Pesawat Terbang di Atas Kepala

"Ya, ini berarti menunjukkan bahwa tujuan Pemerintah Kota (Pemkot) untuk menambah spot bermain dan berkumpul berhasil," katanya.

Baca Juga

loading...