JATIMNET.COM, Surabaya – Kehadiran telepon pintar (smartphone) adalah bentuk revolusi teknologi terekstrem sepanjang sejarah manusia. Fungsi telepon, komputer, dan internet terangkum dalam satu genggaman.

Perkembangan teknologi itu lantas mendorong penemuan lain. Inovatif sekaligus kreatif, yang sebelumnya tak pernah terpikirkan di benak kita. Salah satunya, aplikasi pencari jodoh untuk jomblo.

Ada banyak ragam aplikasi semacam itu. Berikut lima di antaranya.

1. Badoo

Ini adalah aplikasi populer pencari jodoh. Memiliki 400 juta anggota seluruh dunia, situs ini menyediakan aplikasi untuk platform iOS, Android, dan Windows Phone. Situs ini beroperasi di sekitar 180 negara, termasuk Indonesia. Maka jangan kaget kalau ketemu jodoh beda negara. Bagi Anda yang tak ingin bertemu jodoh luar negeri, pilihlah fitus people nearby. Calon jodoh yang muncul ada di sekitar Anda. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna dan diganjar bintang 4,3.

BACA JUGA: Begini Spesifikasi Smartphone Realme U1 Yang Baru Dirilis

2. BeeTalk

Aplikasi ini dianugerahi bintang 4 untuk mencari jodoh dan sudah diunduh lebih dari 50 juta pengguna. BeeTalk adalah aplikasi cari jodoh buatan Thailand. Mirip Tinder. Hanya, untuk menjadi teman di BeeTalk, Anda tidak perlu match terlebih dahulu. Di aplikasi ini pengguna bisa memanfaatkan fasilitas mulai dari forum, klub, doodle, serta radar. Fitur radar memungkinkan pengguna menemukan teman di sekitarnya. Selain bisa menemukan teman baru, siapa tahu di sana juga ada jodoh yang menunggu untuk ditemukan.

Pada 2015, aplikasi ini sempat membuat iklan televisi di Indonesia dengan menggunakan model dari artis-artis muda. Semisal Ariel Tatum, AL Ghazali, dan Pevita Pearce.

3. Kepo

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memungkinkan pengguna stalking teman baru untuk diajak chatting seru. Pengguna bisa mendapatkan informasi lengkap tentang calon temannya. Saat ini, Kepo sudah diunduh 100 ribu lebih pengguna. Aplikasi ini mendapatkan bintang 4,1 dan menempati posisi puncak aplikasi kencan terpopuler.

BACA JUGA: Google Sodorkan 40 Juta Dolar Akuisisi Fossil 

4. Jemput Jodoh

Aplikasi yang mendapatkan 4 bintang itu sudah diunduh lebih dari 10 ribu pengguna. Aplikasi ini membantu mencarikan jodoh sesuai dengan syariat Islam. Namun berbeda dengan aplikasi perjodohan lain yang memungkinkan penggunanya untuk bertemu langsung, mereka yang mengunduh akan mendapatkan program kuliah dan bimbingan pranikah. Jika beruntung bisa diajak ta’aruf sebelum menikah.

5. Setipe.com

Aplikasi ini mendapatkan bintang 3,5 dan diunduh 100 ribu pengguna. Setipe.com hampir mirip dengan Tinder, tapi aplikasi asli Indonesia ini lebih terpercaya. Aplikasi ini menawarkan jodoh melalui perhitungan algoritma rekayasa psikologi. Di saat yang sama, membantu untuk mengenali diri sendiri lewat laporan kepribadian oleh tim psikolog tersertifikasi.