Stasiun Gubeng Percantik Ruang Tunggu Penumpang

Khoirotul Lathifiyah

Jumat, 7 Juni 2019 - 20:47

JATIMNET.COM, Surabaya – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daop) 8 Surabaya menambah fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan para penumpang di Stasiun Gubeng.

Fasilitas layanan baru ini terdiri atas ruang tunggu di zona 2, taman stasiun dengan tugu patung hiu dan buaya yang menjadi icon Surabaya, dan smoking room atau ruang merokok di zona 3.

“Saya selalu support kepada seluruh daop untuk mempercantik ruang tunggu stasiunnya. Tujuannya agar calon penumpang betah,” kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro usai peresmian di Stasiun Gubeng, Jumat 7 Juni 2019.

BACA JUGA: KAI Daop 7 Temukan Baut Rel Kendor di Tulungagung

Perbaikan dan penambahan fasilitas baru di momen Lebaran ini karena ia memprediksi adanya peningkatan penumpang pada arus balik-mudik, baik ke Jakarta maupun Bandung.

Edi mengungkapkan meningkatkan layanan ini sangat diperlukan calon penumpang. Terutama calon penumpang KA jarak jauh yang biasanya datang ke stasiun lebih awal. Sehingga membutuhkan tempat yang nyaman untuk menunggu kedatangan kereta.

SAHABAT ANAK-ANAK. Dirut PT KAI Edi Sukmoro berjabat tangan dengan transformer selepas peresmian penambahan fasilitas baru di Stasiun Gubeng, Jumat 7 Juni 2019. Foto: Khoirotul Lathifiyah.

“Jika situasinya friendly (bersahabat) dan indah, penumpang tidak akan bosan menunggu. Sementara beberapa stasiun besar sudah kita sediakan co-working space,” Edi menambahkan.

Selain itu, Edi juga menjelaskan pihaknya sudah menyediakan wifi gratis bagi generasi milenial, agar bisa menggunakan ruangan dan bisa berinteraksi.

BACA JUGA: Mudik ke Banyuwangi Naik Kereta Dapat Diskon 60 Persen

Ia menekankan agar seluruh karyawan PT KAI Daop 8 Surabaya terus meningkatkan layanan sehingga transportasi kereta api dapat berkompetisi dengan angkutan moda darat lainnya.

Sementara itu, Executive Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya, Suryawan Putra Hia mengungkapkan berbagai kelengkapan kenyamanan tersedia pada ruangan tunggu zona 2 di antaranya tempat duduk yang lebih luas lengkap dengan charger HP, ruangan arena bermain anak lengkap dengan mainan tradisional Indonesia, toilet serta posko kesehatan.

BELAJAR DAN BERMAIN. Orang tua bisa memberi kesempatan kepada anak-anaknya bermain smbil belajar di Stasiun Gubeng, Surabaya. Foto: Khoirotul Lathifiyah.

Dengan adanya gedung baru ini dapat memberikan kenyamanan bagi penumpang di Stasiun Gubeng dengan rata-rata penumpng 6.000 sampai 7.000 pada hari biasa dan 9.000 hingga 11.000 penumpang pada week end.

Stasiun Gubeng melayani 90 perjalanan KA yang dengan berbagai tujuan jarak jauh, menengah, dan kereta lokal. Acara peresmian prasarana baru fasilitas stasiun Gubeng ditutup dengan pembagian 700 souvenir kepada para penumpang di Stasiun Gubeng.

Baca Juga

loading...