Mudik ke Banyuwangi Naik Kereta Dapat Diskon 60 Persen

Baehaqi Almutoif

Minggu, 2 Juni 2019 - 13:22

JATIMNET.COM, Surabaya - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (KAI Daop) 8 Surabaya memberikan diskon untuk pembelian tiket KA Ranggajati dan KA Wijayakusuma selama libur Lebaran.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan potongan harga itu mencapai 60 persen. “Kami berharap jumlah penumpang relasi Surabaya ke arah Jember dan Banyuwangi bisa meningkat lagi,” katanya ditemui di Stasiun Gubeng, Minggu 2 Juni 2019.

Diskon itu, ia melanjutkan, berlaku pada 2-16 Juni 2019. Ia optimistis, potongan harga ini akan meningkatkan tingkat keterisian kursi penumpang, karena ongkos penumpang menjadi lebih terjangkau. Misalnya saja, harga KA Ranggajati eksekutif Surabaya-Jember seharga Rp 480 ribu per orang, turun menjadi Rp 200 ribu setelah terdiskon.

BACA JUGA: H-5 Lebaran, Penumpang Stasiun Probolinggo Naik 100 Persen

"Diskon ini memang untuk meningkatkan animo masyarakat pengguna jasa layanan kereta api dari surabaya tujuan Jember-Banyuwangi," katanya.

KA Ranggajati merupakan kereta api kelas eksekutif tujuan Cirebon-Jember. Sedangkan KA Wijayakusuma, melayani kelas eksekutif dan ekonomi untuk rute Cilacap-Banyuwangi.

Menurut dia, ada peningkatan 24 persen jumlah penumpang sepanjang masa mudik dan balik Lebaran 2019 ini. Jumlah itu terhitung secara kumulatif dari H-10 hingga H-3 lebaran. Tingkat keterisian kursi mencapai 23 ribu penumpang per hari.

BACA JUGA: KA Lodaya Anjlok di Bandung, Perjalanan Empat Kereta Alami Keterlambatan

Sesuai data dari bidang penjualan tiket, puncak arus mudik berlangsung pada H-3. Adapun puncak arus balik diperkirakan berlangsung pada H+3. Saat itu jumlah penumpang diperkirakan melonjak hingga 25 ribu orang.

Untuk mengantisipasi kepadatan penumpang, PT KAI Daop 8 Surabaya menambah kereta api tambahan Sembrani Malam Lebaran dengan relasi Surabaya Pasar Turi-Jakarta Gambir. Dengan beroperasinya kereta api ini, total kereta api tambahan yang diberlakukan Daop 8 Surabaya menjadi sembilan.

“Terhitung pada tanggal 1 juni 2019 kami menambah lagi kereta api tambahan relasi dari Surabaya Pasar Turi-Jakarta Gambir namanya KA Sembrani Malam Lebaran," katanya.

Baca Juga

loading...