SPBU di Ponorogo Terbakar Setelah Tertabrak Minivan

Gayuh Satria Wicaksono

Sabtu, 22 Juni 2019 - 21:45

JATIMNET.COM, Ponorogo – Kebakaran terjadi di SPBU 54.634.03 Jalan Jend. Amad Yani, Kabupaten Ponorogo, Sabtu 22 Juni 2019 pukul 16.30 WIB.

Dua unit mobil Pemadam Kebakaran dan tiga mobil tangki air BPBD dikerahkan untuk memadamkan kebakaran. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 17.40 WIB.

“Kebakaran bermula dari mobil yang baru mengisi BBM jenis premium,”  kata salah satu saksi mata Sukamto, Sabtu 22 Juni 2019.

Sukamto menjelaskan mobil tersebut sebelumnya mengisi BBM jenis premium yang berada di dispenser paling selatan kemudian menuju keluar SPBU.

BACA JUGA: Kasus BBM Oplosan, Pemilik SPBU Tak Penuhi Panggilan Polisi

Namun, selang beberapa detik tiba-tiba muncul kobaran api dari dalam mobil yang membuat pengemudi dan satu penumpang di dalamnya keluar.

“Mobil kemudian tidak terkendali dan akhirnya berbelok ke kanan menabrak dispenser BBM jenis pertalite yang berada di tengah,” kata Sukamto.

Ia juga sempat mendengar ledakan dari dalam mobil dan ada banyak tumpahan BBM ketika mobil disemprot menggunakan air. “Api sempat berkobar dan hampir menyambar ke dispenser lain ketika tumpahan BBM di dalam mobil keluar,” ujarnya.

HANGUS. Bangkai minivan yang terbakar di SPBU Jalan Jenderal Ahmad Yani, Ponorogo, Sabtu, 22 Juni 2019. Foto: Gayuh Satria

Sementara itu Kabag Ops Polres Polres Kompol Basuki menuturkan jika di dalam mobil memang ditumpangi dua orang, yaitu Samuji (52) dan Lilik, istri Samuji yang mengemudikan kendaraan.

BACA JUGA: Oplos BBM di SPBU, Dua Warga Ponorogo Jadi Tersangka

“Keduanya warga Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, dan sehari-hari bekerja menjual BBM,” tuturnya.

Ketika ditanya apakah ada indikasi penimbunan dan pengoplosan BBM Basuki belum bisa memberikan kesimpulan dan masih akan dikembangkan.

“Jika dilihat dari barang-barang di dalam kendaraan kemungkinan seperti itu, namun masih akan kami lidik lebih lanjut,” akunya.

Dari pengamatan Jatimnet.com, mobil yang terbakar tersebut adalah minivan dengan merek Daihatsu Zebra dengan nomor polisi adalah AD 9062 CD.

BACA JUGA: Rumah Pedagang Sayur di Probolinggo Ludes Terbakar

Di dalamnya terdapat sebuah pompa hisap atau pompa air dan juga terdapat 12 tabung LPG ukuran 3 kilogram.

Akibat peristiwa ini, Samuji mengalami luka bakar 15 persen dan saat ini berada di Rumah Sakit Muslimat untuk menjalani perawatan dengan penjagaan polisi.

Sebuah dispenser pertalite hangus terbakar dan atap SPBU juga banyak yang roboh terkena kobaran api dan semprotan air pemadaman.

Saat ini SPBU disegel menggunakan garis polisi agar warga tidak merangsek masuk dan mengamankan barang bukti untuk olah TKP.

Baca Juga

loading...