Semburan Mirip Lapindo di Doplang Blora, Begini Kata Sutopo

David Priyasidharta

Selasa, 23 April 2019 - 08:20

JATIMNET.COM, Surabaya - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan kejadian semburan lumpur di Doplang, Blora, Jawa Tengah bukan fenomena semburan mirip lumpur Lapindo Sidoarjo.

"Ini bukan fenomena semburan lumpur seperti lumpur Sidoarjo. Tapi aktivitas hydrotest untuk mengecek kekuatan pipa gas sebelum dialiri gas di Doplang Blora. Pengecekan dilakukan PT Pertamina Gas bagian dari pembangunan jalur pipa gas Gresik-Semarang. Masyarakat diimbau tenang." kata Sutopo dalam akun Twitter-nya @Sutopo_PN.

Seperti dikutip dari laman Pertamina, aktivitas hydrotest yang dilaksanakan PT Pertamina Gas di Doplang, Blora berjalan aman dan terkendali.

“Aktivitas hydrotest dilakukan untuk mengecek apakah pipa yang dipasang tahan terhadap tekanan dan bersih dari material sebelum dialiri gas. Masyarakat tidak perlu khawatir," ujar Manager PR & CSR Pertagas Zainal Abidin.

Menurut Zainal, aktivitas hydro test maupun flushing merupakan salah satu prosedur yang dilakukan dalam aktivitas pemasangan pipa migas sebelum commisioning. "Jadi ini memang sengaja dilakukan, bukan insiden," jelasnya.

Pasca kegiatan ini, Pertagas kemudian melakukan proses pembersihan di area semburan. “Kami mohon maaf jika aktivitas ini sempat membuat warga kebingungan," paparnya.

Saat ini, Pertagas memang tengah melakukan pembangunan jalur pipa gas dari Gresik-Semarang sepanjang 272 kilometer. Di Blora, pipa gas yang akan melintas sepanjang 53 kilometer. Proyek ini ditargetkan selesai pertengahan tahun 2019.

Baca Juga

loading...