Sebanyak 97 CASN Kanwil Kemenkumham Jatim Jalani Tes Urine

M. Khaesar Januar Utomo

Jumat, 8 Februari 2019 - 10:56

JATIMNET.COM, Surabaya - Sebanyak 97 Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kanwil Kemenkumham Jatim menjalani tes urine, Kamis 7 Februari 2019 kemarin.

Tes yang dilakukan petugas Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Surabaya itu untuk mencegah terjadinya tindak penyalahgunaan narkotika oleh CASN yang tengah menjalani seleksi di Kanwil Kemenkumham Jatim.

Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkumham Jatim, Haris Sukamto mengatakan langkah ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkotika.

Dengan tes urine ini, Kanwil Kemenkumham Jatim dapat mengetahui jika ada CASN yang menyalahgunakan narkoba.

BACA JUGA: Kasus Narkoba di Jatim 2018, Pengedar dan Penggunanya Meningkat

"Ini untuk mewujudkan instansi kemenkumham Jatim bebas dari penyalahgunaan narkoba," bebernya, Kamis, 7 Februari 2019.

Haris mengatakan jika terbukti terlibat peredaran gelap narkoba, ASN atau CASN akan langsung dipecat. “Walaupun sebelumnya sudah ada surat keterangan sehat dan bebas Napza dari rumah sakit, kami tetap ingin memastikan mereka adalah Tunas Pengayoman yang bersih,” ujarnya.

Karena itu, ia mengatakan bekerjasama dengan BNNK Surabaya sebagai salah satu upaya memberantas narkoba. "Kami tidak akan tindak tinggal diam dengan penyalahgunaan narkoba, dan sama sama memberantas narkoba," bebernya.

BACA JUGA: Separuh Remaja Jatim Dibawah 19 Tahun Pengguna Narkoba

Secara berkala Kanwil Kemenkumham Jatim akan melakukan tes urine untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkotika. "Langkah ini akan terus kami lakukan untuk mengantisipasi adanya pengguna narkoba di CASN," kata Haris.

Dari hasil tes urine tersebut, sebanyak 97 CASN negatif. Haris mengaku puas dengan hasil tes urine tersebut. "Langkah ini untuk mengantisipasi saja agar tidak terjadi penyalahgunaan saja," ucapnya.

Sementara itu Kepala BNNK Surabaya, AKBP Suparti mengatakan peredaran narkoba di Surabaya cukup tinggi. Terlebih lagi pengalahgunaan narkoba terjadi pada anak-anak muda. "Dengan cara ini, dapat mengantisipasi adanya penyalahgunaan narkoba di lingkungan CASN," bebernya.

Baca Juga

loading...