Sebanyak 137 Demonstran Ditahan di Istambul saat May Day

David Priyasidharta

Kamis, 2 Mei 2019 - 08:49

JATIMNET.COM, Surabaya - Polisi menahan 137 orang di Istambul, Turki karena berusaha melakukan demonstrasi ilegal di berbagai bagian kota saat merayakan May Day, Rabu 1 Mei 2019.

Polisi telah menutup lapangan Taksim yang berada di pusat kota Istanbul. Tetapi kelompok kecil demonstran tetap berkumpul di sana.

"Lapangan ini milik rakyat, mereka (polisi) tidak bisa menutupnya. Panjang umur 1 Mei!," teriak seorang demonstran ketika polisi menyeret mereka pergi dan membungkam mulut mereka, seperti dikutip dari Reuters.com, Kamis 2 Mei 2019.

BACA JUGA: Buruh Butuh Sehat dan Kuat

May Day diperingati sebagai Hari Buruh Internasional. Seperti di negara-negara lain, di Turki, para buruh juga merayakannya dengan menggelar aksi demonstrasi.

Aksi May Day ini merupakan aksi tahunan di Turki dan di masa lalu ditandai dengan tindakan polisi terhadap demonstran yang sering kali dilakukan di Taksim Square. Di tempat ini, 34 orang tewas selama aksi demonstrasi pada 1 Mei 1977.

Polisi Turki secara teratur mencegah aksi protes di Istanbul pusat dan di tempat lain. Ankara memperketat pembatasan setelah diberlakukannya aturan darurat menyusul percobaan kudeta pada 2016. Keadaan darurat dicabut Juli lalu.

Sebelumnya pada hari Rabu 1 Mei 2019, polisi mengizinkan upacara oleh beberapa pemimpin serikat untuk melanjutkan di Lapangan Taksim, dan kelompok lain meletakkan anyelir di jalan di dekatnya.

BACA JUGA: Tuntutan Buruh Amankan Nasib Pekerja Hingga 20 Tahun

Pihak berwenang hanya mengizinkan perayaan massal di distrik Bakirkoy, yang terletak agak jauh dari pusat kota. Pada pukul 16.00 waktu setempat, polisi Istanbul menahan 137 demonstran di berbagai bagian Istanbul, termasuk distrik pusat Besiktas, Sisli dan Beyoglu.

Di Besiktas, sekelompok kecil pengunjuk rasa mulai meneriakkan slogan-slogan dan mengibarkan bendera merah Partai Pembebasan Rakyat (HKP) kiri. Tayangan televisi menunjukkan polisi bentrok dengan pengunjuk rasa, mengumpulkan beberapa dan menempatkan mereka di van polisi.

Ozgur Karabulut, Ketua Dev Yapi-Is Union, mengatakan perayaan itu berlangsung dengan lancar di Bakirkoy, dengan peserta dari semua bagian masyarakat. Kementerian Dalam Negeri mengatakan sekitar 303.000 orang telah berpartisipasi dalam 138 acara May Day resmi di Turki.

Baca Juga

loading...