Belum diketahui kapan Galaxy Fold turun di pasaran umum.

Samsung Jual Galaxy Fold Terbatas di 15 Negara

Nani Mashita

Selasa, 26 Maret 2019 - 20:57

JATIMNET.COM, Surabaya -  Samsung Galaxy Fold akhirnya dijual perdana ke publik. Sebagai langkah awal, Samsung hanya menjual gawai premium ini dengan menggandeng 15 mitra ritel, di 15 negara Eropa,  . 

Galaxy Fold akan tersedia di Inggris, Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, Swedia, Norwegia, Finlandia, Denmark, Belgia, Belanda, Polandia, Austria, Swiss, dan Rumania. 

Mitra ritel termasuk, operator Jerman Deutsche Telekom, Vodafone, dan O2, Belgian Proximus, serta Swisscom, Sunrise, dan Mobilezone.

Pembeli di Eropa sudah mulai melakukan pre-order, pada 26 April, dan dijual bebas pada 3 Mei, dilansir dari Androidpolice.com, Selasa 26 Maret 2019.

BACA JUGA: Samsung Mulai Produksi Massal eUFS 512 GB

Belum diketahui kapan smartphone dijual bebas, di pasaran global.

"Kami berharap untuk menjadi pabrikan pertama yang membawa faktor bentuk baru yang revolusioner ini ke Eropa melalui kolaborasi erat dengan mitra kami," kata Hadrian Baumann, Senior Vice President and Head of Sales, Mobile Communications Business, Samsung Electronics Europe, dalam siaran persnya.

Dia mengatakan, Galaxy Fold adalah hasil dari sepuluh tahun penelitian, dan merupakan terobosan besar dalam desain dan fungsionalitas smartphone.

"Melanjutkan inovasi tampilan warisan kami, Galaxy Fold akan memungkinkan pelanggan kami untuk menikmati semua manfaat layar yang lebih besar melalui desain inovatif yang pas di saku Anda," katanya.

BACA JUGA: Pro dan Kontra Samsung Galaxy Fold

Galaxy Fold diperkirakan dijual mulai dari  €2,000 RRP, atau sekitar Rp35 jutaaan. Di AS, diperkirakan dipatok seharga Rp28 jutaan. Harga itu dinilai sangat mahal untuk sebuah smartphone.

Androidpolice menyebut, jika penjualan itu adalah strategi khas Samsung, dengan melempar produk baru ke pasar terbatas, untuk mengetahui seberapa banyak ponsel itu terjual, sebelum akhirnya diproduksi massal. 

Seperti ditulis sebelumnya, Samsung Galaxy Fold dirilis di ajang Samsung Unpacked  2019 di San Fransisco. Ponsel ini memiliki dua ukuran layar berbeda. Dalam kondisi terlipat, Galaxy Fold memiliki layar 4,6 inci dengan resolusi 1960x840 piksel.

Namun saat dibuka, tampilannya mirip seperti tablet, yaitu 7,3 inci dengan resolusi 2152 x 1536 piksel.

BACA JUGA: Desain Samsung Galaxy A10 mulai Terkuak

Demo menunjukkan, fitur "kontinuitas aplikasi" memungkinkan pengguna menjalankan tiga aplikasi secara bersamaan.

Jadi bisa saja, pengguna menonton Youtube sembari googling, sekaligus membalas pesan di WhatsApp secara bersamaan.

Samsung Galaxy Fold ditenagai oleh prosesor Qualcomm terbaru, Snapdragon 855 7nm. Ponsel lipat ini memiliki 12GB RAM/512 GB internal memory.

Ada dua baterai untuk Galaxy Fold dengan total kapasitas mencapai 4.380 mAh.

BACA JUGA: Ini Sejarah Samsung Galaxy S

Ada enam kamera di seri ini - tiga di bagian belakang, dua di bagian dalam dan satu di bagian depan. Tiga kameranya terdiri dari 12MP wide-angle, 12 MP telefoto, dan 16 MP ultra-wide, dengan satu kamera selfi 10 MP.

Dua kamera bagian dalam, yaitu 10MP kamera selfie dan 8MP depth camera.  

Galaxy Fold tidak memiliki slot microSD, namun berkapasitas 512 GB. Sama seperti Galaxy S10e, Samsung menerapkan fingerprint scanner di bagian sisi ponsel, ketimbang di bagian layarnya.

Baca Juga

loading...