Presiden Joko Widodo Resmikan Tol Pandaan-Malang Besok

Baehaqi Almutoif

Minggu, 12 Mei 2019 - 16:57

JATIMNET.COM, Surabaya - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi memastikan tol Pandaan-Malang akan diresmikan Presiden Joko Widodo, Senin 13 Mei 2019. Ia berharap dengan diresmikannya jalan tol Pandaan-Malang akan mengurai kemacetan.

"Alhamdulillah jalan tol sudah jadi semua, besok Pak Presiden (Joko Widodo) akan meresmikan jalan tol Pandaan-Malang," ujar Budi usai menghadiri Rapat Kordinasi Angkutan Lebaran di Gedung Negara Grahadi, Minggu 12 Mei 2019.

Dengan beroperasinya jalan tol Surabaya-Malang, dirinya mengimbau kepada dinas perhubungan kabupaten/kota maupun provinsi, serta Dirlantas Polda Jawa Timur untuk memetakan wilayah rawan kecelakaan. Mengingat sepinya jalan tol yang sering kali memicu pengendara memacu kendaraannya dengan kencang.

BACA JUGA: Underpass Karanglo Bisa Digunakan Akhir Mei Ini

"Yang harus kita persiapkan bahwa adanya kecenderungan ngebut. Oleh karenanya kita minta operator jalan tol, dishub, dirlantas untuk mengamati tempat yang rawan. Buat rambu dan batasi kecepatan 100 kilometer," bebernya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut baik diresmikannya Jalan Tol Pandaan-Malang. Dengan begitu diharapkan dapat memperlancar arus mudik dan balik Idul Fitri 1440 Hijriah.

Data Khofifah, setidaknya ada 7,12 juta masyarakat di Jawa Timur yang melakukan mudik tahun ini. Perkiraan itu meningkat 3,71 persen dari total pemudik tahun lalu. Sekitar 3,4 juta orang mudik melalui darat.

BACA JUGA: Pemprov Jatim Tunggu Peresmian untuk Operasikan Tol Pandaan-Malang

"Dan tol Alhamdulillah sudah tersambung, dari Ngawi sampai Probolinggo, lalu dari Surabaya sampai Malang," kata Khofifah.

Sejauh ini keberadaan jalan tol Pandaan-Malang memang sangat dinanti. Beroperasinya jalan tol tersebut dipercaya mampu mengatasi kemacetan, seperti di Taman Dayu Pasuruan, Jalan Raya Purwosari-Malang, Pasar Lawang, dan Pasar Singosari.

Jalan tol Pandaan-Malang yang diresmikan Presiden Joko Widodo adalah seksi I, II, III. Dimana seksi I Pandaan-Purwodadi memiliki panjang 15,47 km, seksi II Purwosari-Lawang 8,05 km, dan seksi III Lawang-Karanglo 7,10 km. Sementara seksi IV dan Seksi V masih dalam tahap pengerjaan.

Baca Juga

loading...