Underpass Karanglo Bisa Digunakan Akhir Mei Ini

Baehaqi Almutoif

Sabtu, 11 Mei 2019 - 08:59

JATIMNET.COM, Surabaya - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga (Dinas PU Bina Marga) Jawa Timur Gatot Sulistyo Hadi memastikan, underpass pertigaan Karanglo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang bisa digunakan saat mudik.

"Underpass (Karanglo) itu perkiraannya akhir Mei ini selesai," ujar Gatot, Sabtu 11 Mei 2019.

Saat ini, pengerjaan underpass sudah mencapai 76 persen. Pertengahan Mei ditargetkan sudah diujicobakan. Namun, baru satu jalur yang dibuka, yakni yang menuju ke Malang.

BACA JUGA: Pemprov Jatim Tunggu Peresmian untuk Operasikan Tol Pandaan-Malang

Sedangkan untuk sisi jalur ke Surabaya, masih dilakukan finishing pemasangan panel. "Akan dipasang dinding panel, dinding panel yang menceritakan khas singosari, seperti relief. Satu diuji coba, yang satu dipasang itu panel," urainya.

Gatot berharap usai uji coba, underpass yang diyakini dapat memecah kemacetan ini dapat dioperasionalkan secara penuh akhir Mei. Sehingga saat arus mudik dan balik dapat mengurangi kepadatan dari arah Surabaya ke Malang, Malang ke Surabaya, maupun bagi pengendara kendaraan dari arah Surabaya yang ingin ke Batu.

“Ini sebetulnya pertengahan Mei sudah selesai. Tapi nanti dibuat maksimal akhir Mei selesai,” urainya.

BACA JUGA: Pengoperasian Tol Pandaan-Malang Tunggul Hasil Kajian Kelaikan

Selesainya underpass Karanglo diharapkan bersamaan dengan dioperasionalkannya tol Pandaan-Malang seksi I, II, III. Seksi I Pandaan-Purwodadi memiliki panjang 15,47 km, seksi II Purwosari-Lawang 8,05 km, dan seksi III Lawang-Karanglo 7,10 km.

"Kami usulkan supaya bisa diresmikan Pak Presiden yang exit tol di Karanglo, Singosari Kabupaten Malang. Namun demikian kalau Pak Presiden tidak bisa, pak menteri juga tidak bisa, kami berharap bisa diresmikan oleh gubernur. Tapi itu hanya usul," kata Gatot.

Ketiga seksi tol Pandaan-Malang sebenarnya sudah selesai seluruh pengerjaannya. Tinggal menyisakan seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km, dan sekasi V Pakis-Malang 3,11 km. Pengerjaan di dua seksi itu sudah mencapai 80 persen.

Baca Juga

loading...