Polda Jatim Terjunkan 510 Personel Amankan Penghitungan Suara

M. Khaesar Januar Utomo

Senin, 6 Mei 2019 - 20:29

JATIMNET.COM, Surabaya – Kepolisian Daerah Jawa Timur menerjunkan sedikitnya 510 personel untuk pengamanan lokasi penghitungan suara di tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur di Hotel Singgasana.

“Kami juga menerjunkan mobil rantis serta personel penjinak bom,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di sela pengamanan proses penghitungan suara di Hotel Singgasana, Senin 6 Mei 2019.

Namun begitu pihaknya akan melakukan pergantian personel setiap harinya. Sementara 100 personel lainnya akan tetap berjaga-jaga di lokasi penghitungan. Dengan kata lain, sedikitnya 410 personel akan melakukan penjagaan bergiliran selama proses berlangsung.

BACA JUGA: Rekapitulasi Tingkat Provinsi Diawali dengan Doa

Selain menerjunkan pasukan dalam proses perhitungan surat suara, Polda Jatim juga menerjunkan tim kesehatan untuk mengecek kondisi prajurit selama melakukan pengamanan.

“Untuk kesehatan ini kami sudah melakukan antisipasi, dan kami akan terus memantau kesehatan seluruh pasukan,” ucapnya.

Polda Jatim menerapkan standar pengamanan ketat. Personel yang diterjunkan dibekali dengan senjata lengkap. Selain itu, di depan pintu masuk penghitungan dilenglapi dengan metal detector.

BACA JUGA: Di Surabaya, Jokowi-Maruf Unggul 77 Persen di 18 Kecamatan

Begitu juga dengan setiap barang bawaan harus melalui pemeriksaan guna mengantisipasi masuknya benda berbahaya. Bahkan korek api tidak luput dari pemeriksaan.

Dengan penjagaan yang ketat ini, Luki berharap proses penghitungan surat suara berjalan lancar dan aman. “Beberapa tenda personel sudah kami siagakan di lokasi,” Luki menjelaskan.

Diterangkan Luki seluruh personel tetap disiagakan sepanjang proses penghitungan. Apabila proses penghitungan berjalan cepat, pihaknya akan menarik seluruh pasukan.

Baca Juga

loading...