Petenis Tuan Rumah Rebut Gelar Pertama

Rochman Arief

Sabtu, 12 Januari 2019 - 21:02

JATIMNET.COM, Sydney – Petenis tuan rumah Alex De Minaur merebut gelar juara Sydney International untuk pertama kalinya. Di partai puncak dia mengalahkan Andreas Seppi straight set, 7-5 dan 7-6 (5), Sabtu 12 Januari 2019.

Ini merupakan gelar perdananya di kandang sendiri sekaligus di awal musim 2019. Capaian itu juga hasil yang positif bagi petenis belia. Terlebih petenis Australia cukup lama paceklik gelar di ajang internasional.

Dikutip dari laman ATP, gelar terakhir di Sydney International direbut Lleyton Hewitt tahun 2001. Selanjutnya gelar lebih banyak terbang ke Eropa maupun Amerika Serikat.

“Saya menduga (juara) tidak akan terjadi. Beruntung sekali, dan kalian tidak tahu betapa berartinya melakukan ini di depan kalian semua, di depan rumah,” kata petenis kelahiran Sydney itu dikutip dari laman resmi turnamen.

BACA JUGA: Kvitova Mantap Menatap Australia Terbuka

Prestasi yang ditunjukkan De Minaur cukup sensasional. Dia butuh 12 bulan untuk merebut gelar di tanah kelahirannya. Tahun lalu dia hanya mencapai babak final setelah kalah dari Daniil Medvedev.

Langkah fenomenal lainnya adalah lompatan peringkatnya di ATP, dari 208 ke-31, kemudian finish di posisi ke-29.

Selain itu dia telah meraih 28 kemenangan dan dinobatkan sebagai pendatang baru terbaik tahun lalu. Catatan itu tidak lepas dari capaiannya ke final Citi Open dan ATP Tour.

Bagi Seppi, langkah ke final Sydney International ini merupakan yang pertama dalam 12 kali partisipasinya. Selain itu, capaiannya di Sydney ini menandai 3,5 tahun tidak melaju ke final. Prestasi tertingginya adalah menjurai VTB Kremlin tahun 2012.

Ambisi yang diimpikan Seppi adalah menyamai prestasi Mal Anderson yang merebut Sydney International 1973, sebagai petenis tertua yang menjadi juara.

Baca Juga

loading...