Pengiriman Sapi dari Madura ke Probolinggo Naik 20 Persen

Zulkiflie

Reporter

Zulkiflie

Selasa, 6 Agustus 2019 - 11:20

JATIMNET.COM, Probolinggo – Mendekati hari raya kurban, pengiriman sapi dari Madura ke Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, Wilayah Kerja Kalibuntu, Probolinggo mengalami peningkatan hingga 20 persen.

Pengiriman sapi saat ini berkisar 40-55 ekor sapi dalam satu kapal, meningkat dari sebelumnya yang hanya 30-35 ekor per kapal.

“Memang permintaan sapi meningkat tapi tidak sebanyak lebaran sebelumnya. Penyebabnya mungkin karena belum musim panen tembakau,” kata Paramedik Veteriner, Balai Karantina Wilayah Kerja Kalibuntu, Slamet Riyadi, Selasa 6 Agustus 2019.

BACA JUGA: Tips Mengelola Hewan Kurban yang Higienis Menurut Disnak Jatim

Meningkatnya pengiriman sapi, menurutnya, sudah terjadi selama sepekan terakhir. Sejumlah sapi muda yang dikirimkan dari Pelabuhan Bantara Pamekasan ini merupakan jenis sapi muda yang berusia 5-8 bulan.

Tiba di Pelabuhan Kalibuntu, Probolinggo, sejumlah sapi tersebut lantas dibawa ke Balai Karantina untuk dibersihkan dengan air disinfektan. Tujuannya, untuk membunuh mikroorganisme dan hama.

Slamet Riyadi menyebutkan, dibandingkan dengan hari raya kurban tahun sbeelumnya, pengiriman sapi dari Madura cenderung turun.

BACA JUGA: Ternak Sehat Butuh Sertifikat

“Biasanya setiap mendekati hari raya kurban pada momen lebaran tahun sebelumnya, bisa mencapai 80-90 ekor per kapal, ujarnya.

Slamet menyampaikan, masih belum waktunya panen tembakau di Probolinggo diduga menjadi penyebab menurunnya pengiriman sapi Madura, seiring permintaan pasar yang juga berkurang pada lebaran kurban tahun ini.

Pengiriman sapi Madura ke Probolinggo menggunakan kapal laut, dalam satu pekannya dilakukan sebanyak 3 kali. Yakni pada Hari Senin, Selasa dan Jum’at.

Dalam setiap kali pengiriman diangkut menggunakan 1 hingga 3 kapal dengan masing-masing kapal bisa mengangkut sapi hingga 90 ekor.

Baca Juga

loading...