Pasca Sikap SBY dan Amien, BPN Tegaskan Koalisi Solid

Baehaqi Almutoif

Senin, 22 April 2019 - 12:27

JATIMNET.COM, Surabaya - Anggota Dewan Pakar Badan Pemenangan (BPN) Nasional Capres dan Cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Bambang Haryo menampik koalisi Adil Makmur pecah.

Dia menyakinkan, bahwa Partai Demokrat tidak keluar dari koalisi Capres nomor urut 02. 

Isu pecahnya koalisi Adil Makmur mencuat, setelah tersebarnya surat Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang menginstruksikan anggota serta pengurus partai, untuk tidak terlibat dalam kegiatan bertentangan dengan konstitusi dan undang-undang. 

Ditambah, pernyataan anggota dewan pengarah BPN Amien Rais menyindir tokoh yang tiba-tiba saja meragu terhadap hasil Pemilu 2019.

Dalam video yang diunggan lewat akun Instagram @amienraisofficial itu, Amien menyebut, sosok seperti itu tidak layak diikuti.

"Ndak lah (tidak keluar), gini, jadi gini, kami dari BPN dan ini perlu yang terpenting itu persatuan dan kesatuan menuju kemenangan. Jangan sampai kita diadu domba," ujar Bambang Haryo, saat menghadiri undangan salah satu telivisi swasta nasional, Minggu 21 April 2019. 

Menurut politisi Partai Gerindra itu, tidak ada pernyataan SBY yang menyatakan keluar BPN. Dari surat yang dikeluarkan kepada pengurus partai, tidak ada secara jelas ihwal mundur.

"Kami masih tetap kompak kuat saling mendukung," tegasnya. 

BACA JUGA: Kiai Sepuh di Jatim Sayangkan Pernyataan Amien Rais

Bambang Haryo menyebut, apa yang dikatakan SBY adalah suatu yang logis.

Ditengah situasi politik yang sedang memanas, ia menduga, mungkin yang dimaksud Presiden RI ke VI itu, tidak ingin ada deklarasi kemenangan terlebih dahulu. 

Namun, situasinya deklarasi yang dilalukan Capres Prabowo adalah untuk mengimbangi Capres petahana Joko Widodo.

Karena menurutnya, kubu 01 telah mendeklarasikan kemenangan, sesaat usai hitung cepat. 

BACA JUGA: BPP Jatim Klaim Amin Rais tak Asal Bicara

"Dan itu apabila opini publik tersebar ke seluruh masyarakat ini opininya jadi kurang jelas, karena apa penghitungan kami secara real count, kami menang," tandasnya.

Baca Juga

loading...