Pakde Karwo Minta Maaf ke Masyarakat Jatim

Baehaqi Almutoif

Senin, 11 Februari 2019 - 23:30

JATIMNET.COM, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Soekarwo resmi berpamitan. Didampingi istri, Nina Soekarwo, gubernur dua periode itu menyebut masyarakat Jatim merupakan Indonesia mini.

“Tidak berlebihan kalau saya katakan inilah Indonesia mini. Satu daerah yang luar biasa,” ujar Pakde Karwo, begitu gubernur kelahiran Madiun itu biasa disapa dalam sambutannya di Gedung Grahadi, Senin 11 Februari 2019.

Menurutnya, masyarakat Jawa Timur luar biasa. Semua suku ras, agama dan kelompok politik dapat hidup berdampingan dalam pluralitas secara damai. Memiliki pandangan yang baik seperti pendahulu para pendiri bangsa. Melakukan dialog dan silaturahmi yang telah menjadi budaya.

BACA JUGA: Risma Sampaikan Program SMA Gratis Kepada Khofifah

“Saya terima kasih, demokrasi membikin kita cerdas dan sabar menghadapinya,” sebutnya.

Di akhir sambutannya, Pakde Karwo mohon pamit. “Saya mohon maaf mungkin ada maksud saya baik tapi keliru mengutarakan mohon maaf. Semoga perjalanan kita tidak putus,” tuturnya.

Dia pun mengibaratkan, bersaudara seperti air mancur yang tidak bisa ditebas pedang. Terus mengalir. Karena yang menggerakkan itu adalah hati dan perasaan.

BACA JUGA: Khofifah-Emil Dardak Diarak Keliling Kota Surabaya

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur terpilih 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa saat di atas panggung menyanyikan lagu Slank berjudul Ku Tak Bisa. Bait reff dari lagu ini mengutarakan bahwa Jawa Timur akan sangat merindukan sosok Pakde Karwo.

“Sepuluh tahun Pakde Karwo membangun hubungan luar biasa baik vertikal maupun horisontal,” kata Khofifah.

Menurut mantan menteri sosial tersebut, kepemimpinan Soekarwo dan Saifullah Yusuf dapat ditransformasikan menjadi bagian penting bagi dirinya. “saya dan Mas Emil dapat diingatkan mendapatkan pengawalan bagaimana sukses seluruh capaiannya,” tandasnya.

Baca Juga

loading...