Menu Ini Sebaiknya Dihindari Ketika Sahur

Khoirotul Lathifiyah
Khoirotul Lathifiyah

Senin, 6 Mei 2019 - 18:39

JATIMNET.COM, Surabaya – Menu yang dimakan ketika sahur sangat menentukan kebugaran kita selama menjalani puasa. Jangan sampai ibadah puasa malah menghambat aktivitas sehari-hari.

Salah satu dokter yang bertugas di Medicelle Clinic Surabaya, Puspita Dyah Ardyani mengungkapkan, sebaiknya dua jenis minuman, teh dan kopi dihindari ketika sahur. Sebab, kedua minuman ini merupakan jenis minuman diuretik yang menyebabkan Anda sering buang air kecil (kencing).

"Sering buang air kecil membuat cairan dalam tubuh juga akan cepat berkurang dan dapat menyebabkan dehidrasi," ujar Puspita saat diwawancarai di ruang kerjanya di Gubeng, Senin 6 Mei 2019.

BACA JUGA: Segudang Manfaat Puasa untuk Kesehatan Manusia

Ia menyarankan, sebaiknya waktu meminum kopi dan teh pada waktu malam atau sekitar satu jam setelah berbuka puasa.

Puspita mengungkapkan meminum kopi dan teh setelah makan nasi harus dihindari. Karena kedua minuman tersebut memiliki antioksidan yang tinggi dan mampu melarutkan kandungan dalam makanan.

"Jadi sama saja jika kita makan yang bergizi atau berprotein lalu setelahnya minum kopi dan teh, kandungan tersebut akan terbuang sia-sia," kata dia.

Puspita menyampaikan selama sahur dan buka puasa lebih dianjurkan untuk lebih banyak meminum air mineral. Agar selama menjalankan ibadah puasa tidak  mengalami dehidrasi.

BACA JUGA: Tips Agar Ibu Hamil Tetap Lancar Berpuasa Ramadan

Hal ini juga diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW saat akan berpuasa dan membatalkan puasa (buka puasa) alangkah baiknya meminum air putih. Sebab, dengan memperbanyak air putih akan mengurangi dehidrasi dalam tubuh.

Menurutnya, ketika menjalankan ibadah puasa, tentunya ion dalam tubuh akan berkurang dan menimbulkan dehidrasi dalam tubuh. Karenanya, air putih memiliki peran sangat tinggi saat berpuasa.

Bila memang ingin meminum yang hangat-hangat selain air putih, lanjut Puspita, kita dapat mengganti menu kopi dan teh dengan susu.

"Biasanya orang sahur ingin yang hangat-hangat, kopi atau teh sebaiknya dihindari, bisa diganti dengan dengan susu atau yang lainnya," kata dia memberi saran.

Baca Juga

loading...