KPU Jatim Optimistis Penghitungan Suara Tuntas Sesuai Waktu

Baehaqi Almutoif

Kamis, 9 Mei 2019 - 15:28

JATIMNET.COM, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menyelesaikan sisa enam kabupaten/kota hari ini. Diharapkan rekapitulasi tingkat provinsi tuntas, Kamis 9 Mei 2019 sebelum pukul 23.59.

Keenam kabupaten/kota itu adalah Kota Malang, Kota Surabaya, dan empat kabupaten di Madura seperti Sumenep, Bangkalan, Sampang, dan Pamekasan.

Ditambah dua wilayah yang tinggal pengesahan, yakni Jember dan Banyuwangi. Kedua daerah itu masih diperbaiki data pemilih, dan sore bisa disahkan.

BACA JUGA: Rekapitulasi Tingkat Provinsi Diawali dengan Doa

“Target kami selesai hari ini, kita agendakan tuntas. Semua sudah kami siapkan agar selesai seluruhnya hari ini,” ujar Komisioner KPU Jawa Timur Insan Qoriawan, Kamis 9 Mei 2019.

Kendati demikian, Insan tidak menutup kemungkinan rekapitulasi tetap dilanjutkan hingga berganti hari. Pasalnya, sesuai aturan masih ada kesempatan bagi KPU tingkat provinsi menuntaskan hingga Minggu 12 Mei 2019. "Kalau tidak selesai, ya tidak apa-apa, kan masih dalam masa lanjutan," tuturnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, hari ini pola pengamanan sedikit berubah. Jika sebelumnya pihaknya mengamankan di ring satu dan ring dua, kini aparat mulai berjaga di ring tiga.

BACA JUGA: Jokowi-Ma’ruf Amin Unggul di 13 Daerah di Jatim

“Kalau kemarin kita masuk pengamanan di ring dua dan ring satu. Sekarang pengamanan di ring tiga. Mulai dari jembatan dan sungai, ini sudah mulai kita lakukan pengamanan,” kata Barung.

Jatimnet.com ketika tiba di lokasi penghitungan di Hotel Singgasana, beberapa polisi nampak siaga. Selain itu, ada beberapa kendaraan taktis barakuda, perlengkapan pengamanan seperti tameng dan senapan hingga anjing pelacak.

Tak hanya itu, polisi juga terlihat berjaga di beberapa titik di sekitar Hotel Singgasana. Mulai dari yang berseragam, maupun yang tidak berseragam.

Baca Juga

loading...