Kalahkan Madura United, Persebaya Bertemu Arema FC di Final

David Priyasidharta

Sabtu, 6 April 2019 - 23:58

JATIMNET.COM, Surabaya - Persebaya Surabaya lolos ke partai puncak Piala Presiden 2019 setelah mengalahkan tuan rumah Madura United dengan skor 3-2 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu 6 April 2019 malam. Tim berjuluk Bajul Ijo itu akan bertemu dengan Arema FC di laga final.

Kemenangan atas Madura FC itu membuat agregat secara keseluruhan menjadi 4-2 untuk keunggulan Persebaya. Usai pertandingan, pelatih Persebaya Surabaya, Djajang Nurdjaman tak bisa menutupi kegembiraanya.

Ini merupakan final kedua baginya. Sebelumnya ia sempat membawa Persib Bandung lolos ke final Piala Presiden 2015. Ia mengaku sangat bersyukur dengan hasil tersebut. Apalagi Persebaya sanggup memastikan kemenangan pada menit-menit akhir.

BACA JUGA: Dejan Lempar Psywar Jelang Leg Kedua Lawan Persebaya

Belum lagi Madura United juga bermain sangat bagus sepanjang pertandingan. "Kami sempat tertekan di awal (pertandingan). Madura United bermain sangat bagus tetapi perlahan kami mulai mampu mengimbangi permainan dan bahkan memenangkan pertandingan," ujar Djanur, sapaan akrab Djajang Nurdjaman.

Djanur menilai para pemain Persebaya mampu menunjukkan karakter mental yang kuat. Sehingga meskipun terus ditekan oleh Madura United, timnya ini tetap mampu tampil stabil.

"Para pemain bermain luar biasa. Militansi, semangat, serta mental mereka memang layak untuk mendapat hasil ini," ujarnya dalam laman PSSI.org.

BACA JUGA: Persebaya Menang Tipis Lawan Madura United

Sementara kekalahan dari Persebaya ini memupuskan harapan "Laskar Sapeh Kerrab" Madura United untuk lolos ke babak final Piala Presiden 2019.

Madura United (MU) sebenarnya tak bermain buruk. Bahkan pada babak pertama, Zulfiandi dan kolega bermain dominan dan terus menekan Persebaya. Tetapi setiap upaya serangan yang dilakukan selalu bisa dimentahkan lini belakang Persebaya.

"Harusnya kami bisa menyelesaikan pertandingan di babak pertama. Pemain bermain bagus dan menciptakan beberapa peluang. Tetapi kami gagal mencetak gol," terang Dejan Antonic, pelatih MU di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.

BACA JUGA: Madura United Siap Hadapi Adu Penalti Lawan Persebaya

Selepas jeda, MU kembali tampil dominan. Bahkan Aleksander Rakic sempat membawa tim kebanggaan warga Madura tersebut unggul pada menit ke-54. Namun Persebaya sanggup menyamakan kedudukan melalui sundulan Otavio Dutra pada menit ke-61.

Alberto "Beto" Goncalves sempat membawa MU kembali unggul (68') sebelum akhirnya dua gol dari Amido Balde (82') dan Hansamu Yama Pranata (90'+4) mengakhiri laga untuk kemenangan Persebaya.

"Kami bisa mencetak gol pada babak kedua. Tetapi kami terlalu mudah kemasukan gol. Kami harus belajar dari kegagalan ini dan selamat untuk Persebaya bisa menang dan lolos ke final," tutup Antonic.

Baca Juga

loading...