KAI Minta Pemkot Surabaya Perbaiki Fasum di Sekitar Stasiun

Khoirotul Lathifiyah

Sabtu, 8 Juni 2019 - 06:55

JATIMNET.COM, surabaya – PT Kereta Api Indonesia berharap Pemerintah Kota Surabaya memperbaiki fasilitas umum di sekitar stasiun. Di Kota Pahlawan ini, ada tiga stasiun besar yang menjadi pusat penumpang kereta, yakni Gubeng, Pasar Turi, dan Wonokromo.

“Saya minta luarnya (stasiun) juga dibenahi supaya orang itu nyaman," kata Direktur Utama PT Kereta Edi Sukmoro pada wartawan usai peresmian fasilitas penumpang di Stasiun Gubeng Surabaya, Jumat 7 Juni 2019.

Untuk menambah kenyamanan penumpang kereta, PT KAI mempercantik penampilan ruang tunggu di zona dua stasiun. Sebuah taman juga dibangun lengkap dengan tugu berbentuk patung hiu dan buaya sebagai simbol Kota Surabaya. Selain itu, juga ditambahkan ruang merokok di zona tiga.

BACA JUGA: Stasiun Gubeng Percantik Ruang Tunggu Penumpang

Menurut Edi, kondisi fasilitas umum di luar Stasiun Gubeng sudah cukup baik. Tapi ia menginginkan lebih baik lagi agar penumpang kereta menjadi kian nyaman. Misalnya, jalur pejalan kaki dan jalan di depan stasiun.

Edi telah meminta Kepala KAI Daerah Operasi 8 Surabaya bekerja sama dengan pemerintah kota untuk mewujudkannya. “Saat ini sudah lebih baik, saya berharap lebih dari ini, misalkan dibenahi dalamnya,” katanya.

BACA JUGA: Mudik ke Banyuwangi Naik Kereta Dapat Diskon 60 Persen

Ia mengatakan akan mendorong seluruh pengelola Daerah Operasi lain untuk meningkatkan fasilitas umum di stasiunnya. Jika suasana di stasiun nyaman, bersih, dan bersahabat, penumpang tidak bosan menunggu kedatangan kereta. “Semua itu supaya calon penumpang betah,” kata dia.

Kepala Humas Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan fasilitas Stasiun Gubeng. Salah satunya dengan menambah kawasan merokok, taman bermain, dan juga beberapa titik swafoto.

Ya contohnya ada patung Suro dan Boyo, ini bisa menjadi ikon dan menandakan kalau penumpang KA sedang di Kota Surabaya," kata dia.

Baca Juga

loading...