JATIMNET.COM, Probolinggo – Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Kabupaten Probolinggo, Digdoyo Djamaluddin mengatakan sudah separuh kamar hotel di kawasan Tengger, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo dipesan untuk liburan Natal dan Tahun Baru 2019.  

"Sudah 50 persen yang di-booking," kata Digdoyo yang biasa disapa Yoyo ini saat dihubungi Jatimnet.com, Kamis, 6 Desember 2018. Pemesanan kamar hotel itu untuk tanggal 21 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019.

Yoyo mengatakan pada tahun 2017 lalu, tingkat hunian hotel di wilayah Sukapura pada Nataru, hanya sebesar 72 persen. Hal ini dipengaruhi oleh sejumlah daerah seperti wilayah Pasuruan, Lumajang, dan Malang yang juga turut mengemas paket Nataru dengan hiburan musik dan lainnya.

“Tahun ini, hunian hotel di wilayah Sukapura diperkirakan meningkat dibanding tahun lalu. Karena dari Oktober lalu, 14 hotel dengan total 528 kamar, yang sudah dibooking tembus 50 persen,” katanya.

Kesibukan menjelang Natal dan Tahun Baru sangat dirasakan pengelola hotel dan restauran di kawasan Tengger ini.

Terutama dalam menyiapkan kebutuhan logistik seperti makanan dan minuman untuk tamu hotel. "Seluruh (logistik) sudah terpenuhi dan diperoleh dari wilayah Kecamatan Sukapura," katanya.

Dia juga mengatakan sejumlah hotel dan restauran di kawasan Tengger akan menggelar hiburan tari-tarian dan pertunjukan musik untuk mendongkrak animo wisatawan.